Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beber Platform Ekonomi, PDIP Janjikan APBN Bebas Utang Luar Negeri

Jumat, 07 Maret 2014 – 15:57 WIB
Beber Platform Ekonomi, PDIP Janjikan APBN Bebas Utang Luar Negeri - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan menyodorkan platform ekonomi jika kelak memegang pemerintahan. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menjanjikan APBN yang akan disusun nanti benar-benar prorakyat dan tak terbebani utang luar negeri.

Anggota Fraksi PDIP DPR di komisi keuangan dan perbankan, Arief Budimanta, menyatakan, partainya tak mau APBN terus-menerus defisit sehingga ditutup dengan hutang. Menurutnya, APBN yang surplus lebih menjamin kedaulatan Indonesia sehingga keuangan negara bisa memakmurkan rakyat.

“Jadi kita bisa punya saving (tabungan, red) yang cukup. Itu cermin kedaulatan,” ujar Arief saat membeberkan poin-poin dalam Platform Ekonomi PDI Perjuangan di DPP PDIP, Jakarta, Jumat (7/3).

Anggota tim ekonomi PDIP itu menegaskan, jangan sampai hutang luar negeri menjadi opsi utama untuk menutup defisit APBN. Alasannya, hutang luar negeri hanya akan menjadikan pembuat kebijakan tak netral karena terus didikte oleh pemberi hutang.

“Jangan hutang jadi opsi pertama. Begitu hutang, masih ada konsultan dari luar negeri dan kita yang bayar. Artinya pembuatan kebijakan jadi nggak netral, bukan demi kedaulatan bangsa tapi didikte oleh pemberi hutang,” ucapnya.

Mengutip data terakhir, hingga akhir 2013 lalu utang luar negeri Indonesia sudah mencapai Rp 2371,39 triliun. Aritinya, saat ini rata-rata warga negara Indonesia sudah menanggung hutang Rp 8,6 juta. “Jadi jangan meninggalkan beban bagi generasi mendatang yang harus membayar,” cetusnya.

Di kesempatan sama, Ketua DPP PDIP M Prakosa mengatakan, utang luar negeri bisa berimbas negatif pada upaya membangun kedaulatan ekonomi. “Ketika hutang luar negeri itu sudah terlalu membebani, tentu itu mengganggu kedaulatan ekonomi,” ucapnya.

Meski demikian Prakosa mengakui, tentunya PDIP tentu belum bisa mewujudkan APBN surplus itu pada 2015. Namun dalam lima tahun kepemimpinan PDIP di pemerintahan, diharapkan APBN sudah bisa surplus.

JAKARTA - PDI Perjuangan menyodorkan platform ekonomi jika kelak memegang pemerintahan. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menjanjikan APBN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA