Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beda Pernyataan, Ketua Bawaslu Makin Dicurigai

Selasa, 19 November 2013 – 15:14 WIB
Beda Pernyataan, Ketua Bawaslu Makin Dicurigai - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Penyataan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad, bahwa upaya suap yang dilakukan terhadap dirinya terjadi jauh sebelum tahapan pemilu 2014 berlangsung, justru menimbulkan kontroversi baru. Bahkan diduga ia seperti sengaja hendak mengaburkan persoalan.

Pasalnya, ketika pertama kali mengungkap dugaan upaya suap terhadap dirinya, di Batam, Jumat (15/11) lalu, Muhammad menyebut dirinya marah kepada orang yang mengaku utusan ketua salah satu partai politik tersebut.

Bahkan sebagaimana diberitakan sebuah kantor berita nasional, saat itu Muhammad mengancam akan memberikan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mencoret partai tersebut dari peserta pemilu dan calon presiden yang diusung partainya tidak bisa menjabat sebagai presiden.

"Dari pernyataan ini, semua orang juga bisa mengartikan kalau ketika upaya suap terjadi, proses penetapan parpol peserta pemilu sudah dilakukan," ujar Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma), Said Salahudin, di Jakarta, Selasa (19/11).

Namun entah mengapa, kata Said, beberapa waktu kemudian, Muhammad mengklarifikasi pernyataan tersebut. Ia menyatakan, percobaan suap terhadap dirinya merupakan cerita basi. Karena kejadiannya sudah berlangsung cukup lama, tepatnya beberapa saat setelah ia dilantik menjadi Ketua Bawaslu dan proses verifikasi parpol peserta pemilu belum berlangsung.

"Dua pernyataan ini menurut saya justru menguatkan dugaan ada sesuatu yang serius di balik cerita penyuapan tersebut. Ketua Bawaslu ini seperti ingin berkelit," ujarnya.

Menurut Said, pernyataan Ketua Bawaslu tersebut juga membuatnya menjadi bertanya-tanya. "Apakah Ketua Bawaslu sedang mengarang cerita baru untuk menyamarkan cerita yang sesungguhnya? Kalau itu yang terjadi, lalu apa motifnya? Apakah dilakukan dalam rangka melindungi parpol yang pernah mencoba menyuap dirinya?" ujarnya.

Namun meski masih bertanya-tanya, Said tetap dapat menarik sebuah kesimpulan bahwa paling tidak dengan dua penjelasan yang berbeda, kuat dugaan Ketua Bawaslu tengah melakukan kebohongan publik.

JAKARTA - Penyataan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Muhammad, bahwa upaya suap yang dilakukan terhadap dirinya terjadi jauh sebelum tahapan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close