Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bedanya Kuntilanak Indonesia dan Amerika Serikat

Jumat, 09 November 2012 – 14:38 WIB
Bedanya Kuntilanak Indonesia dan Amerika Serikat - JPNN.COM
PEPATAH kuno bilang, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Nama boleh sama, peran boleh mirip, fungsi boleh kembar. Tetapi berada di habitat yang berbeda, di masyarakat dengan level kematangan demokrasi yang  beda, menemukan model yang berbeda pula.

Seperti saat melihat tim belakang layar kedua kandidat, yang lazim kita sebut sebagai tim sukses Obama dan Romney. Selama enam hari di AS, saya mengamati peran tim sayap yang sangat ketat mengatur personal branding sang calon presiden. Sambil membandingkan dengan peran, fungsi dan tugas tim pemoles performance calon presiden itu.

Sejak Pilpres 2004, Presiden SBY sudah mempraktikkan sebuah manajemen branding terhadap diri dan keluarganya. Karena itu adalah masa kali pertama RI menggunakan model pilpres langsung, tidak melalui MPR RI lagi. Otomatis, siapa yang dikenal, dikenang, dicitrakan positif, diimagekan paling sempurna, dialah yang akan menang.

Model personal branding Presiden SBY, dengan mengatur detail dan konsisten penampilannya secara utuh, membuat publik Indonesia jatuh cinta. Orangnya ganteng, gagah, santun dalam bertutur, baik dalam bersikap, sayang dengan keluarga, romantis, memiliki jiwa seni, jauh dari isu miring, militer bintang tiga yang pasti punya leadership, berasal dari keluarga baik-baik, orang Jawa yang patuh dengan ibu kandungnya, berhasil membina anak-anaknya, tidak sombong, dan perhatian.

PEPATAH kuno bilang, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Nama boleh sama, peran boleh mirip, fungsi boleh kembar. Tetapi berada di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close