Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Bea Cukai Dukung Kelancaran Arus Logistik MotoGP Indonesia 2023

Senin, 23 Oktober 2023 – 15:09 WIB
Begini Cara Bea Cukai Dukung Kelancaran Arus Logistik MotoGP Indonesia 2023 - JPNN.COM
Bea Cukai memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas kepabenan untuk menjamin kelancaran perhelatan Motorcycle Grand Prix (MotoGP) Indonesia. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, MANDALIKA - Bea Cukai memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas kepabenan untuk menjamin kelancaran perhelatan Motorcycle Grand Prix (MotoGP) Indonesia yang digelar di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Plt. Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, Agustyan Umardani mengatakan MotoGP diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang menjadi kawasan pabean di bawah pengawasan Bea Cukai Mataram.

"Kami memberikan layanan importasi logistik MotoGP yang menggunakan 335 dokumen ATA Carnet dan 23 dokumen PPKEK," ungkap Agustyan Umardani.

Dengan skema ATA Carnet (Admission Temporaire/ Temporary Admission Carnet) dan PPKEK (Pemberitahuan Pabean Kawasan Ekonomi Khusus) tersebut, Bea Cukai memberikan fasilitas berupa pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor untuk barang keperluan event serta kemudahan prosedural dalam pemeriksaan fisik terhadap impor sementara barang logistik ajang MotoGP 2023.

Logistik dikirim dengan charter flight dari Narita, Jepang dan tiba di Bandara Internasional Zainudin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok pada 3-4 Oktober 2023.

Logistik itu kemudian segera dikirimkan via perjalanan darat untuk dibongkar di Sirkuit Mandalika pada tanggal 5 Oktober 2023 serta dilakukan pemeriksaan fisik oleh tim pemeriksa Bea Cukai Mataram pada 7 Oktober 2023.

Selain melalui Bea Cukai Mataram, importasi barang untuk logistik MotoGP 2023 juga melalui kantor Bea Cukai lainnya, seperti Bea Cukai Soekarno Hatta, Bea Cukai Ngurah Rai, Bea Cukai Tanjung Priok, dan Bea Cukai Tanjung Perak.

Begitu pula setelah selesai final race pada 15 Oktober 2023, Bea Cukai Mataram kembali memeriksa barang logistik MotoGP dengan charter out sebanyak 175 PMC (pallet).

Bea Cukai memberikan berbagai kemudahan dan fasilitas kepabenan untuk menjamin kelancaran perhelatan Motorcycle Grand Prix (MotoGP) Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close