Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Bea Cukai Tual Berantas Peredaran Gelap Narkotika

Senin, 08 Juni 2020 – 18:29 WIB
Begini Cara Bea Cukai Tual Berantas Peredaran Gelap Narkotika - JPNN.COM
Pegawai Bea Cukai Tual, Farizaki Adhileon mengikuti Parade Sosialisasi Season 2 secara virtual dengan tema sosialisasi peran Bea Cukai dalam rangka pemberantasan peredaran gelap narkotika. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu upaya preventif yang dilakukan Bea Cukai Tual dalam menghadapi ancaman dan tantangan perkembangan kejahatan peredaran gelap narkotika di wilayahnya adalah dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, khususnya para pegawai yang bertugas di unit penindakan narkotika.

Kepala Kantor Bea Cukai Tual, Hari Setiyadi yakin pegawai Bea Cukai memegang peranan penting dalam keberhasilan tugas pengawasan narkotika.

Menurut Hari, caranya beragam. Antara lain melaksanakan atau mengikuti pendidikan dan pelatihan, workshop, seminar, atau focus group discussion mengenai kegiatan pertukaran data intelijen dan penindakan di bidang pengawasan narkotika.

“Seperti yang baru saja kami lakukan, yaitu mengutus pegawai di unit penindakan narkotika Bea Cukai Tual, Farizaki Adhileon untuk mengikuti Parade Sosialisasi Season 2 dengan tema sosialisasi peran Bea Cukai dalam rangka pemberantasan peredaran gelap narkotika ini,” ujarnya.

Melalui sosialisasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Kepabeanan Internasional Antar Lembaga Bea Cukai, secara video conference, pada Rabu (3/6) ini, pegawai di unit penindakan narkotika Bea Cukai Tual jadi memahami peran Bea Cukai dalam pencegahan peredaran gelap narkotika, serta upaya-upaya optimalisasi pemberantasan peredaran narkotika secara nasional.

“Bahwa arah kebijakan dan startegi nasional yaitu sasaran penanganan permasalahan narkotika difokuskan pada upaya penguatan pencegahan dan penanggulangan peredaran gelap narkotika dengan indikator keberhasilan terkendalinya angka prevalensi penyalahgunaan narkotika,” lengkap Hari.

Ia menambahkan, Kasubdit Narkotika, Tery Zakiar Muslim, sebagai pemateri dalam sosialisasi tersebut juga menjelaskan mengenai upaya sinergi antar instansi pemerintahan dalam pemberantasan peredaran narkotika.

“Ada BNN sebagai leading sector pemberantasan narkotika, TNI-POLRI sebagai unsur keamanan dan ketertiban nasional, Bea Cukai sebagai border protection, Kementerian Kesehatan (BPOM) sebagai pengawas dan pemberi perizinan ekspor dan impor narkotika, Kemensos yang berperan dalam rehabilitasi sosial serta kementerian/lembaga lainnya sebagai supporting,” katanya.

Kepala Kantor Bea Cukai Tual, Hari Setiyadi yakin pegawai Bea Cukai memegang peranan penting dalam keberhasilan tugas pengawasan narkotika.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close