Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Memberi Pertolongan Pertama yang Tepat

Minggu, 14 Oktober 2018 – 16:52 WIB
Begini Cara Memberi Pertolongan Pertama yang Tepat - JPNN.COM
Ilustrasi. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Tak sekadar olahraga bersama, acara lari bareng yang digagas komunitas iRun Indonesia regional Surabaya di Bukit Darmo Golf Sabtu pagi (13/10) diisi dengan sharing ilmu basic life support (BLS) atau tindakan pertolongan pertama. Total, 80 peserta mengikuti acara yang juga dihadiri komunitas Young Surgeon Cycling Community (YSCC) tersebut.

Pengetahuan tentang BLS disampaikan dr Antonius Beny Setiawan SpAn dari YSCC. ''Hal itu kami berikan karena banyaknya faktor cedera dan risiko besar dalam olahraga ya. Saya sendiri sudah pernah melihat tiga kali langsung orang yang henti jantung setelah olahraga dan akhirnya meninggal,'' ungkap Sutanto, salah seorang tim inti iRun.

Beny menyampaikan bahwa tidak sedikit di antara penghobi olahraga seperti pelari, perenang, maupun pesepeda yang melihat kejadian korban gawat karena sesak napas dan berujung henti jantung. ''Dengan teknik pijat jantung luar dan bantuan napas di tempat kejadian, 60 persen kasus selamat karena pertolongan sejak dini,'' jelasnya.

Hanya, masih banyak orang awam yang tidak paham benar cara melakukan pertolongan tersebut. Yang sering kali terjadi, para korban gawat diberi minum, lalu dikasih bantal di kepalanya. ''Tujuannya mungkin untuk membuatnya nyaman. Tapi, itu sebenarnya salah,'' papar dokter yang praktik di RSUD dr Soekandar, Mojokerto, tersebut.

Setelah selesai tiga puluh kali, selingi dengan mengisi oksigen ke paru-paru sebanyak dua kali tiupan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close