Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Pelajar Indonesia di Luar Negeri Memperingati Hari Pahlawan

Senin, 14 November 2022 – 18:44 WIB
Begini Cara Pelajar Indonesia di Luar Negeri Memperingati Hari Pahlawan - JPNN.COM
Para pelajar Indonesia di luar negeri punya cara sendiri dalam memperingati Hari Pahlawan. Foto dok. PPI

jpnn.com, JAKARTA - Beragam cara dilakukan pelajar Indonesia di luar negeri untuk turut memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November 2022 lalu. Salah satunya dengan menggelar pameran seni dan budaya khas nusantara agar makin dikenal oleh bangsa lain.

Hal ini seperti yang dilakukan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Nottingham, Inggris. Para pelajar yang tengah menuntut ilmu di negeri Raja Charles itu menggelar pameran produk-produk dan kuliner khas Nusantara di Radford Academy Nottingham.

"Selain batik, kain tenun juga beragam produk kerajinan seperti miniatur wayang, ukiran dan pahatan kayu, kipas kain, dan berbagai pernak-pernik khas Indonesia yang kita pamerkan," kata Olista Naurallegra, Ketua PPI Nottingham dalam keterangan tertulis, Senin (14/11).

Produk itu dibawa oleh para peserta Indonesian International Student Mobility Award (IISMA) vokasi yang berasal dari berbagai daerah mulai Aceh hingga Makassar. Para mahasiswa ini sedang menempuh studi singkat di University of Nottingham mulai Oktober 2022 hingga Januari 2023. 

Selain itu, mahasiswa yang terdiri dari jenjang S1 hingga S3 juga menyajikan kuliner khas Indonesia, yaitu ayam bakar kecap manis dan bakso. Makanan asli Indonesia itu diberikan secara cuma-cuma kepada para tamu asing menyaksikan pameran tersebut. 

“Kami ingin turut membantu mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Inggris di momen Hari Pahlawan ini," ujarnya.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Presidium Pengajian Derbyshire Loughbrough dan Nottingham (PeDLN), PPI Nottingham, Indonesian Society University of Nottingham, IISMA Vokasi, serta para penerima beasiswa LPDP di Nottingham. 

“Di sini banyak anak-anak Indonesia hasil nikah campur dengan orang Inggris dan mereka kurang mengenal ragam budaya Nusantara karenanya kegiatan ini sangat bermanfaat,” kata Zia Alhafidh, ketua Presidium PeDLN.  (esy/jpnn)

Para pelajar Indonesia di luar negeri punya cara sendiri dalam memperingati Hari Pahlawan

Redaktur : M. Adil Syarif
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close