Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Pentingnya Panduan Konsensus Soal Endometriosis

Selasa, 29 Maret 2022 – 23:55 WIB
Begini Pentingnya Panduan Konsensus Soal Endometriosis - JPNN.COM
Ketua Perhimpunan Fertilitas in Vitro Indonesia Hendy Hendarto. Foto: Bayer/Zoom

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Perhimpunan Fertilitas in Vitro Indonesia (Perfitri) Hendy Hendarto menjelaskan pentingnya pedoman konsensus terkait endometriosis.

Diketahui, PT Bayer dan para pakar menerbitkan 'Diagnosis Klinis dan Penatalaksanaan Medis Dini untul Endometriosis: Konsensus untuk Asia'.

"Panduan hasil kolaborasi para pakar ini mengusung paradigma baru dengan menggeser diagnosis berdasarkan pembedahan, menjadi lebih sederhana yaitu berdasarkan gejala klinis, sehingga mempercepat diagnosis endometriosis," kata Hendy, Selasa (29/3).

Dia menjelaskan pedoman tersebut akan menggunakan inovasi bari berupa terapi medis lebih awal untuk menghentikan progresivitas endometriosis.

Hendy menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan ialah informasi mengenai nyeri panggul dan infertilitas, gejala ginekologis, gejala siklus nonginekologis, dan remaja dengan nyeri hebat yang tidak responsif terhadap obat penghilang nyeri nonsteroid.

"Jika menunjukkan kecenderungan endometriosis, maka segera dilakukan pemeriksaan panggul. Berikutnya, akan ditetapkan apakah pasien menderita endometriosis sehingga bisa segera melakukan pengobatan dini," tutur Hendy.

Diketahui, pedoman konsensus ini merupakan hasil kolaborasi para ahli klinis dari Indonesia, Singapore, Malaysia, Filipina, Thailand, Taiwan, India, Korea, Vietnam serta didukung oleh stakeholder Global dari Perancis dan Jerman, di mana panduannya disesuaikan dengan kondisi lokal masing-masing negara. (mcr9/jpnn)


PT Bayer dan para pakar menerbitkan Diagnosis Klinis dan Penatalaksanaan Medis Dini untul Endometriosis: Konsensus untuk Asia

Redaktur : Adil
Reporter : Dea Hardianingsih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close