Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Respons Pakar Komunikasi UPH Soal Foto Ketua KPK dan SYL

Selasa, 10 Oktober 2023 – 06:02 WIB
Begini Respons Pakar Komunikasi UPH Soal Foto Ketua KPK dan SYL - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Komunikasi dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. Emrus Sihombing merespons soal foto pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Emrus menjelaskan dari perspektif gesture terkait foto yang memperlihatkan Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Mentan SYL di lapangan GOR bulu tangkis..

“Dari foto yang sudah beredar, terlihat bahwa gesture Firli sangat merasa tidak nyaman, cukup percaya diri dan tegas. Itu dibuktikan dengan satu kaki Firli yang diangkat di dengkul. Sementara gesture SYL seperti tengah memohon sesuatu,” ujar Emrus sesaat setelah diskusi publik bertajuk "Mengawal Agenda Antikorupsi Bersama KPK” yang digelar oleh Lembaga Pemilih Indonesia di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Emrus menilai foto yang beredar itu tampaknya terjadi di ruang public dan dalam foto itu juga banyak orang. Artinya ada orang lain, tidak hanya mereka berdua.

“Artinya, kalau foto itu lalu menjadi bukti materiil di persidangan yang akan dipakai untuk indikasi pemerasan oleh pimpinan KPK, menurut saya tidak akan cukup kuat sebagai bukti,” ujar Emrus.

Emrus menilai dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK merupakan indikasi kuat koruptor melawan balik proses hukum korupsi yang tengah ditangani.

Dia berharap publik dan pimpinan KPK dapat terus mencermati agenda pemberantasan korupsi, terlebih di tahun politik ini.

“Korupsi termasuk extraordinary crime atau kejahatan yang sangat luar biasa. Saya tidak katakan bahwa pemerasan itu adalah suatu hal yang baik, tetapi tidak pada kategori yang extraordinary crime. Itu sebabnya, alangkah baiknya menurut saya, tindak pidana korupsi ini harus diprioritaskan,” tegas Emrus.

Pakar Komunikasi dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Dr. Emrus Sihombing merespons soal foto pertemuan Ketua KPK Firli Bahuri dan mantan Mentan SYL.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close