Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Rincian Alokasi Dana Hibah UEA untuk Pemkot Surakarta

Senin, 27 Mei 2024 – 08:15 WIB
Begini Rincian Alokasi Dana Hibah UEA untuk Pemkot Surakarta - JPNN.COM
Ilustrasi: Pendhopo Balai Kota Solo. Foto: Romensy Augustino/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Pemerintah Kota Surakarta belum lama ini menerima dana hibah dari Uni Emirat Arab (UEA) sebesar 15 juta dolar Amerika atau setara Rp 235 miliar.

Dana itu dipastikan dipakai seluruhnya oleh Pemkot Surakarta pada 2024 ini.

Asisten Bidan Perekonomian dan Pembangunan Sektretariat Daerah Kota Surakarta Gatot Sutanto menyebut dana hibah dari UEA itu dimanfaatkan untuk berbagai hal.

Beberapa programnya, antara lain pekerjaan fisik seperti pembangunan infrastruktur hingga pekerjaan nonfisik berupa pembarian bansos, penanganan stunting, pengentasan kemiskinan, dan lainnya.

“Pemanfatannya ada banyak. Pembangunan sekolah, puskesmas, pasar tradisional, dan berbagai infrastruktur lainnya," ujar dia, Minggu (26/5).

Kemudian juga ada untuk pengentasan stunting berupa penguatan pangan, pengadaan alat masak, ada program bantuan sosial.

"Insyaallah semanya dikebut tahun ini semua,” kata Gatot.

Anggaran sebesar Rp 235 miliar itu pun sudah dialokasikan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing, yang sebelumnya telah mengajukan proposal program yang sudah dilaporkan sampai ke tingkat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk monitoringnya.

Sedikitya ada 13 OPD yang mendapatkan suntikan dana segar dari hibah UEA tersebut. "Jadi, langsung dialokasikan ke OPD masing-masing," lanjutnya.

Pemkot Surakarta bakal gunakan semua dana hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) sebesar 15 juta dolar AS (setara Rp 235 miliar) tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close