Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Strategi Bea Cukai Tingkatkan Kepatuhan Pengusaha Barang Kena Cukai

Rabu, 15 September 2021 – 17:43 WIB
Begini Strategi Bea Cukai Tingkatkan Kepatuhan Pengusaha Barang Kena Cukai - JPNN.COM
Petugas Bea Cukai memeriksa produk barang kena cukai di setiap kunjungan kerjanya ke pengusaha BKC. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai memiliki strategi khusus untuk meningkatkan kepatuhan pengusaha BKC atau Barang Kena Cukai.

Bea Cukai Pasuruan misalnya, melaksanakan kegiatan untuk meningkatkan kepatuhan pengguna jasa melalui kunjungan pengawasan ke pabrik rokok di wilayah tersebut.

Dalam kunjungan ini, Bea Cukai Pasuruan menyatakan akan senantiasa proaktif untuk terus meningkatkan kualitas pengawasan demi mendukung peningkatan kepatuhan pengusaha pabrik rokok di lingkungan pengawasannya.

Kegiatan serupa juga dilakukan Bea Cukai Jayapura dengan berkunjung sekaligus melakukan pemeriksaan dan stock opname pada sejumlah gudang distributor minuman beralkohol di wilayah kerjanya.

Selanjutnya, Bea Cukai Jayapura menghimbau para distributor dan masyarakat ikut berperan aktif untuk melaporkan ke Bea Cukai apabila menemukan kegiatan pengedaran atau produksi BKC ilegal.

“Pandemi tidak menyurutkan semangat Bea Cukai untuk menjalankan tugasnya dalam melakukan pengawasan terhadap BKC. Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan para pengusaha BKC sehingga dapat menekan angka pelanggaran ketentuan di bidang cukai,” kata Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah, Rabu (15/9).

Firman menyampaikan, sebagai upaya mengoptimalkan fungsi pengawasan dan meningkatkan kepatuhan pengguna jasa di bidang cukai, Bea Cukai secara kontinu terus melakukan kegiatan kunjungan ke pengusaha BKC.

“Visitasi ke pengusaha BKC merupakan kegiatan rutin yang digalakkan oleh seluruh unit vertikal Bea Cukai di masing-masing wilayah pengawasan. Pada setiap kunjungan kami memastikan bahwa proses bisnis pengelolaan dan pendistribusian BKC berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Bea Cukai Pasuruan dan Bea Cukai Jayapura mempunyai strategi meningkatkan kepatuhan pengusaha BKC di wilayah pengawasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close