Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beijing Perkuat Tekanan Agar Negara Pasifik Akui Kebijakan Satu China

Kamis, 14 Februari 2019 – 08:00 WIB
Beijing Perkuat Tekanan Agar Negara Pasifik Akui Kebijakan Satu China - JPNN.COM

Beijing telah meningkatkan usaha untuk mengucilkan Taiwan di kawasan Pasifik dengan mendesak badan diplomatik penting di kawasan untuk secara resmi mendukung kebijakan Satu China.

Tekanan Beijing di Pasifik

Sumber-sumber dari dua negara di kawasan Pasifik mengatakan para pejabat China telah berusaha mengyakinkan Forum Kepulauan Pasifik (PIF) harus menerima bahwa Partai Komunis China adalah pemerintah yang sah bagi China Daratan dan Taiwan.

Tindakan ini dianggap sebagiai provokasi, karena kawasan Pasifik masih menjadi kawasan satu-satunya di dunia yang masih memberi dukungan kepada Taiwan, dengan enam negara di kawasan itu Solomon Islands, Kiribati, Marshall Islands, Nauru, Tuvalu dan Palau masih mengakui Taipei dan bukannya Beijing.

Taiwan membeirkan bantuan asing besar-besaran kepada negara-negara tersebut, dan sudah berusaha kras membina hubungan dengan para pemimpin politik mereka.

Namun China juga terus melakukan usaha untuk mengucilkan Taiwan dari negara sekutunya yang masih ada.

Beijing Perkuat Tekanan Agar Negara Pasifik Akui Kebijakan Satu China Photo: Pemimpin Solomon Islands Rick Hou dan istrinya memberikan bingkisan kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Taiwan's Office of the President)

Dalam dua tahun terakhir, dua negara yaitu Republik Dominika dan Panama di kawasan Amerika Tengah memutuskan hubungan diplomatik dengan Taiwan, setelah China menawarkan utang dan paket investasi besar-besaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close