Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Belajar Daring Kurangi Kebiasaan Main Game Siswa

Kamis, 09 April 2020 – 09:56 WIB
Belajar Daring Kurangi Kebiasaan Main Game Siswa - JPNN.COM
Alfi Hasan, guru PAI pada SD Negeri 87 Ambon. Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pembelajaran dalam jaringan harusnya bukan barang baru lagi bagi kehidupan di era industri 4.0. Banyak sekolah di Indonesia yang sudah menerapkan pola-pola daring.

Menurut Alfi Hasan, guru pendidikan agama Islam (PAI) di SD Negeri 87 Ambon, banyak sisi positif dan negatif dari pembelajaran daring.

Positifnya adalah menyenangkan di mana instrumen pembelajaran yang dipakai siswa sering menemani mereka sehari hari, salah satunya Smartphone.

"Smartphone jadi media pembelajaran jarak jauh bagi siswa dalam situasi darurat Covid-19," kata Alfi kepada JPNN.com, Kamis (9/4).

Selain itu mempersiapkan generasi bangsa yang produktif, mandiri dalam menghadapi era industri semakin modern. Karena ke depan teknologi akan cepat berputar.

Sisi positif lainnya dari belajar daring menurut Alfi, sekarang sudah difasilitasi dengan berbagai software gratis di smartphone. Siapa saja bisa men-download.

Siswa akan disibukkan menggunakan smartphone ke hal-hal yang baik. Guru pun bisa mengalihkan perhatian siswa dari kebiasaan main game ke hal-hal yang berguna. Waktu mereka main game dipangkas dengan pembelajaran daring.

"Ini yang kami sering sebut dengan adeksi gadget," ujarnya.

Dukung kebijakan Kemendikbud: Smartphone menjadi media pembelajaran jarak jauh alias belajar daring bagi siswa dalam situasi darurat Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close