Alexa Analytics
Gerakan Satu Indonesia Stop Corona

Belasan ABK KM Samena 02 yang Terapung-apung di Laut Akhirnya Selamat

Minggu, 24 Mei 2020 – 05:00 WIB
Belasan ABK KM Samena 02 yang Terapung-apung di Laut Akhirnya Selamat - JPNN.COM
Belasan ABK kapal penangkap ikan KM Samena 02 yang tenggelam antara perairan Pulau Buru dan Pulau Manipa, Maluku pada Sabtu, (23/5) ditemukan regu penyelamat dalam kondisi selamat mengapung di laut. Foto: ANTARA/ Daniel L

jpnn.com, AMBON - Belasan anak buah kapal (ABK) KM Samena 02 akhirnya ditemukan regu penyelamat dalam kondisi terapung-apung di antara Perairan Pulau Buru dan Pulau Manipa, Maluku, Sabtu (23/5).

Belasan ABK itu terapung-apung setelah kapal penangkap ikan itu tenggelam dihantam gelombang besar.

"Mereka ditemukan tim SAR gabungan terapung di atas laut pada kordinat 03° 14' 4788 S dan 127° 17' 1443 E," kata komandan Pos Polairud Polda Maluku di Pulau Buru, Bripka B. Pinge yang dihubungi ANTARA dari Ambon, Sabtu.

Upaya penyelamatan dilakukan setelah pihaknya menerima informasi dari Rahmat Palapia di Pos Sandar Polairud Namlea bahwa telah terjadi musibah tenggelamnya satu buah kapal ikan di perairan antara Pulau Buru dan Pulau Manipa.

Palapia melaporkan kalau KM Samena 02 milik La Uli yang dinakhodai Yani Pieters bersama 11 ABK telah tenggelam akibat dihantam gelombang besar dan kapalnya mengalami kebocoran.

Kapal tersebut memiliki berat 25 GT dan memuat ikan berlayar dari Desa Waplau (Pulau Buru) menuju Pulau Ambon.

Kronologi kejadiannya, pada pukul 01:00 WIT kapal bertolak dari Desa Waplau tujuan Pulau Ambon pukul 07:00 WIT dan nakhoda kapal memberikan kabar ke pemilik kapal bahwa kapal bocor karena gelombang besar antara Pulau Buru dan Manipa.

Pada pukul 08.00 WIT tim SAR Gabungan yang terdiri dari personel KP. XVI-1008, personel KP. XVI-3001 dan personil Basarnas Namlea melakukan koordinasi dan menuju ke lokasi kejadian mengunakan KP. XVI-3001 Tanjung Allang.

loading...