Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Banyak RS Indonesia Terlalu Cepat Menyatakan Kematian karena COVID-19

Rabu, 06 Januari 2021 – 22:05 WIB
Benarkah Banyak RS Indonesia Terlalu Cepat Menyatakan Kematian karena COVID-19 - JPNN.COM
Muncul keluhan dari beberapa keluarga di Indonesia jika anggota keluarga mereka meninggal benar-benar karena terjangkit COVID-19 atau tidak. (AP: Binsar Bakkara)

Di tengah pandemi virus corona, muncul laporan dan keluhan warga jika sejumlah rumah sakit di Indonesia terlalu cepat menyatakan anggota keluarga mereka yang meninggal akibat terjangkit COVID-19.

Apakah keluhan tersebut ada benarnya, dan bila tidak, bagaimana menghindari agar pihak keluarga bisa mengetahui dengan jelas apa yang terjadi dengan anggota keluarga mereka yang kemudian meninggal karena penyakit lain, tapi tiba-tiba dinyatakan mengidap COVID-19?

Menurut dokter Atok Irawan, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo di Jawa Timur, faktor komunikasi tampaknya penting diperhatikan sekarang ini guna menghindari kesalahpahaman antar berbagai pihak di tengah situasi pandemi yang bergerak cepat.

"Selama ini keluarga di RSUD Sidoarjo mengerti tata kelola pasien COVID. Yang penting memang komunikasi yang harus bagus," kata dr Atok Irawan dalam perbincangan dengan wartawan ABC Indonesia Sastra Wijaya, hari Selasa (05/01).

Menurut dr Atok ketika seseorang terkena COVID-19 dan dirawat di rumah sakit, komunikasi dengan keluarga masih bisa terjalin, walau keluarga tidak lagi diperbolehkan berada di ruangan perawatan.

"Pasien bisa membawa hape dan nomor hape perawat diberikan kepada keluarga. Sehingga komunikasi pasien, keluarga dan nurse station bisa terjalin bagus," jelasnya.

"Dengan itu perubahan kondisi pasien terkomunikasikan."

"Kadang ada keluarga yang sulit memahami tata laksana COVID ini, termasuk ingin mendampingi seperti pasien non-COVID," kata dokter Atok, yang juga dokter spesialis paru-paru.

Di tengah pandemi virus corona, muncul laporan dan keluhan warga bahwa anggota keluarga mereka terlalu cepat dinyatakan meninggal akibat terjangkit COVID-19 oleh pihak rumah sakit

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close