Benarkah Bawang Merah Bisa Mengatasi Luka Bakar?

Jumat, 14 Februari 2020 – 20:30 WIB
Benarkah Bawang Merah Bisa Mengatasi Luka Bakar? - JPNN.COM

jpnn.com - Bawang merah merupakan salah satu bumbu wajib di setiap menu masakan Indonesia. Selain membuat masakan enak, konon bawang merah juga punya manfaat untuk kesehatan. Bahkan, beredar kabar kalau bawang merah sebagai salah satu cara mengatasi luka bakar. Benarkah demikian?

Manfaat Bawang Merah untuk Kulit

Ketika dikonsumsi, bawang merah memiliki manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol diabetes, meringankan penyakit lambung, dan juga menurunkan risiko terkena kanker.

Bagi Anda yang memiliki alergi, bawang merah bisa digunakan untuk mengatasinya. Ini karena rempah tersebut memiliki kandungan antibakteri dan antivirus, maka bisa membantu mengobati sejumlah alergi dan infeksi pada kulit.

Selain itu, bawang merah juga mengandung dua macam mineral yang sangat baik, yaitu sulfur dan selenium. Perlu diketahui, bahwa sulfur dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih muda dan memperlambat penuaan.

Sulfur ini merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh memicu munculnya kolagen. Pasalnya, semakin tua usia, produksi kolagen juga akan berkurang sehingga gampang timbul keriput.

Sedangkan selenium pada bawang merah dapat melindungi sel-sel pada kulit terhadap bahaya radiasi sinar UV (ultraviolet). Ini sekaligus menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Kedua mineral ini juga sangat baik untuk mengatasi masalah pada kulit kepala, seperti gatal dan ketombe.

loading...