Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Bawang Putih Bisa Mengatasi Wasir?

Selasa, 18 Februari 2020 – 08:08 WIB
Benarkah Bawang Putih Bisa Mengatasi Wasir? - JPNN.COM
Bawang putih. Foto: Kementan

jpnn.com - Wasir atau lebih dikenal sebagai ambeien adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi. Manfaat bawang putih disebut ampuh untuk mengatasi wasir. Namun, sebenarnya itu sebuah mitos atau fakta?

Bisakah Bawang Putih Menyembuhkan Wasir?

Kemudian, banyak cara dilakukan untuk menyembuhkan wasir. Mulai dari obat-obatan sampai ramuan alami.

Bagi banyak orang, bawang putih dianggap ampuh untuk mengatasi wasir. Misalnya saja dengan cara memasukan satu siung bawang putih ke dalam anus untuk mengatasi wasir interna.

Sedangkan untuk mengatasi wasir interna, katanya cukup dengan mengompres anus dengan kapas yang dibasahi air rebusan bawang putih. Namun, sebenarnya ini sebuah mitos atau fakta?

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, bawang putih mengandung sulfur yang dipercaya dapat menghambat proses peradangan, termasuk peradangan yang terjadi pada wasir.

"Akan tetapi belum ada riset ilmiah yang menyatakan bahwa bawang putih efektif untuk mengatasi wasir," ujar dr. Fiona.

Terlebih lagi, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pun mengkhawatiri tingkat steril si bawang putih jika dimasukkan ke dalam anus, apalagi kondisi wasir terdapat luka di bagian dalam dubur. Intinya, metode ini memang belum teruji secara klinis.(RPA/AYU/klikdokter)

Banyak orang mengatakan bahwa bawang putih bisa membantu mengatasi wasir. Benarkah informasi ini sebuah fakta atau hanya mitos belaka?

Redaktur & Reporter : Yessy

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close