Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Bioskop Minim Penularan Covid-19? Ini Kata Para Ahli

Sabtu, 22 Agustus 2020 – 20:40 WIB
Benarkah Bioskop Minim Penularan Covid-19? Ini Kata Para Ahli - JPNN.COM
Ilustrasi bioskop. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta tampaknya masih khawatir akan terjadi klaster baru Covid-19 di bioskop.

Padahal, dalam beberapa studi menyebutkan bahwa bioskop terbukti lebih aman. Hal itu ditambah dengan dari data belum ditemukan klaster Covid-19 yang berasal dari bioskop. 

Hasil studi yang dilakukan oleh Technical University of Berlin membandingkan studio bioskop dan ruang kantor.

Ruangan bioskop dianggap lebih aman karena dua faktor. Pertama, jumlah aerosol hanya 0,3 persen yang dihirup di bioskop daripada kantor.

Tak hanya itu, di dalam bioskop, orang-orang jarang berbicara satu sama lain. Kedua, sistem perputaran udara juga berbeda.

Dr. Natasha Tuznik, Profesor Asosiasi Kesehatan dan Penyakit Menular UC Davis mengatakan, di bioskop memang cenderung aman karena tiga faktor.

“Orang-orang tidak berbicara satu sama lain selama film berlangsung. Kemudian, pembatasan jarak bisa diterapkan dengan dibatasinya jumlah penonton. Terakhir, orang-orang menghadap ke arah yang sama, sehingga mengurangi risiko penularan," tutur dia.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Robert Lahita dari Medicine of New York Medical College. “Membuka kembali bioskop bisa aman, selama ada tindakan yang tepat," ucap dia.

Dalam beberapa studi menyebutkan bahwa bioskop terbukti lebih aman dari penyebaran Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close