Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Ketombe Bisa Menular?

Selasa, 15 Januari 2019 – 23:35 WIB
Benarkah Ketombe Bisa Menular? - JPNN.COM
Ilustrasi ketombe. Foto: salamati

jpnn.com - Memiliki ketombe tentunya akan sangat mengganggu, apalagi bila sampai dijauhi teman karena takut tertular. Tapi, jangan langsung asal tuduh. Ketahui seputar masalah ketombe dari sisi medisnya terlebih dahulu.

Ketombe merupakan gangguan pada kulit kepala, ditandai dengan kemunculan serpihan putih yang mengelupas dari kulit kepala. Serpihan ini terdiri dari sel-sel kulit mati yang mengelupas sebelum waktunya, hingga terlihat mengotori rambut dan mungkin jatuh ke pakaian Anda.

Tanda dan penyebab ketombe

Seseorang akan mengetahui bahwa di rambut dan kulit kepalanya muncul ketombe jika mereka melihat serpihan halus berwarna putih yang kering pada rambut, kulit kepala atau pakaiannya. Bila kulit kepala Anda terasa gatal, waspadalah. Bisa jadi hal tersebut juga menandakan kemunculan ketombe.

Perlu Anda ketahui, penyebab dari ketombe hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa orang menduga masalah kulit kepala ini berkaitan dengan produksi hormon, karena biasanya ketombe muncul saat masa pubertas.

Selain itu, terkadang jarang keramas juga dapat menyebabkan penumpukan minyak pada kulit kepala yang juga dapat menghasilkan ketombe. Meski demikian, ketombe tidak berkaitan langsung dengan higienitas yang buruk. Bahkan jika mencuci rambut secara rutin, Anda bisa saja memiliki rambut berketombe.

Lalu, benarkah ketombe menular?

Jawabannya adalah tidak. Sebab, ketombe umumnya muncul saat jamur yang secara normal terdapat pada kulit kepala bertambah jumlahnya. Peningkatan dari jumlah jamur inilah yang kemudian berkaitan dengan meningkatnya jumlah serpihan ketombe.

Ketombe merupakan gangguan pada kulit kepala, ditandai dengan kemunculan serpihan putih yang mengelupas dari kulit kepala.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close