Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Makan Malam di Atas Jam 5 Sore Tidak Sehat?

Minggu, 03 Februari 2019 – 04:53 WIB
Benarkah Makan Malam di Atas Jam 5 Sore Tidak Sehat? - JPNN.COM
Ilustrasi makan bersama keluarga. Foto:npr

jpnn.com - Jam makan malam setiap orang bisa berbeda-beda. Ada yang paling cepat jam 7, ada pula yang memilih untuk makan malam lebih cepat.

Rumor seputar waktu makan banyak sekali beredar. Begitu banyaknya, sampai-sampai ada yang memilih untuk melewatkan makan malam karena takut berat badan naik. Nah, ada pula yang mengatakan bahwa makan malam di atas jam 5 sore itu tidak sehat. Kira-kira, ini mitos atau fakta?

Berdasarkan penjelasan dari dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, anggapan bahwa makan malam di atas jam 5 sore itu tidak sehat adalah mitos belaka.

“Makan malam tidak langsung berkaitan dengan sehat atau tidak, tetapi lebih ke permasalahan berat badan,” jelas dr. Adeline.

“Jadi biasanya, orang-orang yang takut makan di atas jam lima sore atau bahkan yang melewatkan makan malam karena ingin menurunkan berat badan, bukan untuk memelihara kesehatan,” lanjutnya.

Jika tujuannya adalah ingin menjaga kesehatan, makan malam adalah suatu keharusan, asalkan jenis, porsi, dan waktunya diperhatikan.

Makan malam yang tidak dianjurkan adalah makan pada waktu yang berdekatan dengan waktu tidur, serta menu makan malam yang tinggi gula dan lemak trans. Jika ini menjadi kebiasaan, berat badan sangat mungkin untuk naik dan bisa sebabkan obesitas.

Waktu makan malam yang dianjurkan

Banyak rumor beredar terkait dengan makan malam. Salah satunya, katanya makan malam di atas jam 5 sore tidak sehat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close