Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com
Antar Langsung PMI Aam dari Taiwan ke RS Polri

Benny: BP2MI Siap Menanggung Seluruh Biaya Rumah Sakit

Sabtu, 30 Januari 2021 – 22:58 WIB
Benny: BP2MI Siap Menanggung Seluruh Biaya Rumah Sakit - JPNN.COM
Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengantar langsung Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang sakit dan baru tiba dari Taiwan 0 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, menuju RS Polri Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, Rabu (27/01). Foto: Humas BP2MI

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani mengantar langsung Pekerja Migran Indonesia (PMI) sakit koma yang baru tiba dari Taiwan pukul 13.20 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, menuju RS Polri Jakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, Rabu (27/01).

PMI atas nama Aam Aminah asal Dusun Puhun RT 006/RW002 Mekarmukti, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini telah menjalani beberapa kali operasi karena adanya pendarahan pada bagian otak dan mengalami koma sejak September 2020.

Sebelumnya, PMI mengeluhkan sakit kepala dan pusing yang tidak kunjung berhenti, sehingga pihak agensi langsung membawa PMI berobat ke dokter. Karena keadaannya tidak kunjung membaik, pihak Rumah Sakit Hualien Tzu Chi Taiwan kemudian berkoordinasi dengan KDEI Taipei untuk memulangkan PMI Aam ke Indonesia.

“PMI Aam ini berangkat ke Taiwan secara resmi sebagai Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT) pada tahun 2012-2015 melalui PT Permata Gobel Karya Sejahtera, dan sempat melakukan perpanjangan kontrak di Taiwan tanpa kembali ke Indonesia. Jadi PMI Aam berproses secara mandiri di mana datanya tidak tercatat oleh negara, dalam SISKOP2MI,” ujar Benny di hadapan awak media di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Untuk itu, lanjut Benny, belajar dari kasus PMI Aam, BP2MI akan segera mengkaji regulasi terkait perpanjangan kontrak di negara penempatan, agar seluruh PMI tetap dapat terpantau, terlindungi, dan terlayani dengan baik.

Di dalam ambulans yang membawa PMI Aam ke RS Polri, Benny mengatakan BP2MI yang akan membiayai seluruh pengobatannya di RS Polri.

“Seluruh biaya PMI Aam selama dirujuk di RS Polri akan ditanggung oleh BP2MI. Ini adalah bentuk perlindungan negara. Dan saya berjanji akan mengantarkan PMI Aam hingga ke kampung halamannya saat sudah sembuh nanti,” jelas Benny.

Saat dipulangkan ke Tanah Air, PMI Aam juga didampingi oleh sesama PMI atas nama Iswatun yang telah berpengalaman dalam merawat pasien.

PMI Aam mengeluhkan sakit kepala dan pusing yang tidak kunjung berhenti, sehingga pihak agensi langsung membawa PMI berobat ke dokter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close