Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beratkan Warga, Disdukcapil Usulkan Subsidi E-KTP

Minggu, 20 November 2011 – 13:15 WIB
Beratkan Warga, Disdukcapil Usulkan Subsidi E-KTP - JPNN.COM
CILEGON – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Cilegon Provinsi Banten Bambang Prayogo mengusulkan agar adanya alokasi anggaran untuk mensubsidi pembuatan E-KTP pada 2012 mendatang. Hal ini agar tidak memberatkan warga Cilegon dalam membuat KTP elektronik tersebut.

Untuk saat ini, pembuatan E-KTP memang masih gratis hingga akhir tahun 2011 mendatang. Namun pada 2012 program E-KTP gratis tersebut selesai, sehingga pembuatan E-KTP akan dikenakan biaya administrasi.

“Pemkot kalau bisa mensubsidi pembuatan E-KTP setengah dari biaya yang ditetapkan. Misalnya kalau biaya pembuatan E-KTP Rp 50 ribu, maka subsidinya Rp 25 ribu. Ini agar masyarakat tidak merasa berat dalam pembayaran tersebut,” kata Bambang.

Ia pun mengungkapkan, biaya pembuatan E-KTP lebih malah dari KTP biasa. Ini lantaran blanko E-KTP harganya cukup tinggi, yakni Rp 30 ribu di bandingkan blanko KTP biasa yang hanya Rp 25 ribu. ”Masyarakat akan terbebani dalam membuat E-KTP jika tidak disubsidi pemerintah. Jika hal ini dibiarkan maka kesadaran masyarakat untuk tertib administrasi kependudukan akan semakin minim,” tambahnya.

CILEGON – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Cilegon Provinsi Banten Bambang Prayogo mengusulkan agar adanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA