Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berawal dari Marah, Ambroncius Lantas Bersikap Rasial kepada Natalius Pigai

Senin, 25 Januari 2021 – 21:38 WIB
Berawal dari Marah, Ambroncius Lantas Bersikap Rasial kepada Natalius Pigai - JPNN.COM
Profil Ambroncius Nababan sebagai caleg DPR RI pada Pemilu 2014. Foto: kpu.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) Ambroncius Nababan menceritakan asal mula dirinya melakukan tindakan rasial kepada eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai.

Awalnya, Ambroncius mengaku marah dengan pernyataan Pigai yang terkesan mendiskreditkan vaksin Covid-19 Sinovac asal Tiongkok, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Dalam beberapa kesempatan, Pigai menyatakan tidak percaya vaksin Sinovac yang disuntikan kepada Presiden Jokowi. Bahkan, kata Ambroncius, Pigai memilih untuk membeli vaksin merk lain dari luar negeri.

Dari situ, dia membalas tindakan Pigai dan melancarkan kritik balik kepada tokoh asal Papua itu. Namun, kritikan itu belakangan bermuatan rasial.

"Memang hak asasi semua orang untuk menolak divaksin, tetapi jangan ikut memprovokasi orang lain dengan narasi yang dibangun seakan-akan vaksin Sinovac ini tidak aman buat tubuh manusia," kata Ambroncius dalam keterangan resminya kepada awak media, Senin (25/1).

Terkait tindakan rasial tersebut, pria kelahiran Tarutung, Sumatera Utara (Sumut) pada 5 Juli 1957 itu mengucapkan permintaan maaf secara terbuka kepada Pigai dan juga masyarakat Papua.

"Dalam hal ini sebelumnya saya memohon maaf kepada saudara Natalius Pigai dan masyarakat Papua. Mungkin ada yang tersinggung dan menganggap saya menghina masyarakat luas apalagi melakukan rasis," ungkap Ambroncius Nababan.

Pria yang pernah menjadi Caleg DPR RI dari Partai Hanura ini mengaku siap bertanggung jawab secara hukum atas tindakan rasial yang dilakukan kepada Pigai. Dia tidak akan lari jika kasus tersebut diusut aparat penegak hukum.

Ketua Relawan Pro Jokowi Amin (Projamin) Ambroncius Nababan menjelaskan asal mula dirinya bisa melakukan tindakan rasial kepada Natalius Pigai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close