Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berbohong soal Virus Corona Bakal Menyesal Seumur Hidup

Jumat, 06 Maret 2020 – 07:57 WIB
Berbohong soal Virus Corona Bakal Menyesal Seumur Hidup - JPNN.COM
Warga menggunakan masker di kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (3/3). Kementerian Kesehatan RI meminta masyarakat agar tidak panik. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, HUBEI - Sejumlah pemerintah daerah di Tiongkok memiliki daftar hitam nama-nama warganya yang berbohong soal wabah virus corona jenis baru (COVID-19).

Warga yang masuk dalam daftar tersebut, bakal merasakan efek seumur hidup.

Daftar hitam yang diperkenalkan Pemerintah Kota Xiangyang, Provinsi Hubei, Rabu (4/3), membidik warganya yang menyembunyikan penyakit, keluar dari daerah terkena epidemi, menyembunyikan informasi tentang kontak langsung dengan orang terduga atau terkonfirmasi positif COVID-19, dan menolak masuk karantina.

Warga harus bisa menjaga diri karena dengan masuk daftar hitam akan memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka pada masa-masa mendatang, demikian Pemkot Xiangyang.

Bagi warga yang masuk daftar hitam, tidak akan mendapatkan fasilitas kebutuhan sehari-hari yang memadai, akses perbankan, dan pelayanan transportasi publik, seperti pesawat dan kereta api cepat.

Permohonan mendapatkan akses sosial dan bekerja di instansi publik juga akan dibatasi.

Sebaliknya Pemkot Xiangyang juga memberikan insentif dan apresiasi kepada warga yang berpartisipasi dalam pecegahan dan pengendalian wabah COVID-19, seperti staf medis, tenaga sukarelawan, dan donatur.

Xiangyang bukan kota pertama yang meluncurkan program tersebut. Pemkot Shanghai sebelumnya juga mengeluarkan kebijakan serupa pada 7 Februari 2020 sehingga upaya pencegahan dan pengendalian wabah penyakit mematikan itu berjalan efektif, demikian Global Times. (antara/jpnn)
Prabowo Istirahatlah

Pemerintah daerah memiliki daftar hitam nama-nama warganya yang berbohong soal wabah virus corona.

Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close