Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Beredar Pengumuman Rekrutmen CPNS dan PPPK dari Honorer, Palsu!

Jumat, 17 Januari 2020 – 20:54 WIB
Beredar Pengumuman Rekrutmen CPNS dan PPPK dari Honorer, Palsu! - JPNN.COM
Ilustrasi CPNS. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Surat palsu mengatasnamakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) kembali beredar. Tidak hanya satu, surat palsu yang beredar tetapi ada dua sehingga berpotensi membingungkan masyarakat. Surat palsu itu berupa pengumuman dan surat pemberitahuan.

Untuk pengumuman, berisi informasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2020 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah.

Pengumuman bernomor BL:B/017/M.SM.01/2020 yang seolah-olah ditandatangani oleh MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Dalam pengumuman palsu tersebut, diberitahukan kepada seluruh tenaga honorer guru, administrasi, tenaga kesehatan, dan tenaga penyuluh adanya kesempatan untuk diangkat menjadi PNS tanpa mengikuti tes.

Mereka diminta untuk konfirmasi langsung ke Direktur Pengadaan dan Kepangkatan PNS BKN Pusat Jakarta Drs. Muh. Iqbal no. whatsapp 0819-5338-8478.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik KemenPAN-RB Andi Rahadian menegaskan, pengumuman tersebut tidak benar.

“Pengumuman tersebut tidak berasal dari KemenPAN-RB dan sudah dipastikan palsu. Untuk pengangkatan CPNS juga harus melalui tahapan seleksi CPNS,” katanya di Jakarta, Jumat (17/1).

Sedangkan untuk surat pemberitahuan palsu ditujukan untuk para peserta seleksi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Surat tersebut ditandatangani oleh SUB Verifikasi Data Reformasi Birokrasi Aparatur dan Pengawas, Muhammad Yusuf Ateh.

Surat palsu tersebut berisikan penjelasan kebutuhan ASN untuk pemerintah pusat dan daerah dengan alokasi CPNS 50 persen dan PPPK 50 persen. Tertulis dalam surat itu, instansi dapat mengusulkan kebutuhan jabatan fungsional yang dapat diisi PPPK dengan memberi kesempatan kepada pegawai non PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus-menerus.

Beredar surat palsu, mengatasnamkan Kemenpan-RB, mengumumkan tentang rerkutmen CPNS dan PPPK dari jalur honorer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close