Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berharap KMP tak Tergoda Rayuan Jokowi-JK

Rabu, 03 September 2014 – 18:52 WIB
Berharap KMP tak Tergoda Rayuan Jokowi-JK - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) diharapkan tetap solid di parlemen supaya mereka bisa berperan aktif sebagai penyeimbang pemerintah.

Sebaliknya, partai koalisi pendukung pemerintah tidak perlu takut menghadapi kekuatan KMP. Sudah saatnya membangun dan memperkuat check and balance antara legislatif dan eksekutif.

Hal tersebut dikatakan pengamat sosial politik Holden Makmur menanggapi hubungan partai politik pendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa dengan partai pendukung Jokowi-Jusuf Kalla (JK), yang masih terasa memanas pasca keputusan  Mahkamah Konstitusi (MK) yang memenangkan Jokowi-JK.

"Kita harus menghormati keputusan MK. Kubu Jokowi-JK jangan jumawa, kubu Prabowo-Hatta Radjasa pun tidak boleh bersedih. Dalam keyakinan saya, hakim MK memiliki pandangan sendiri. Namun, kebenaran akan terbukti pada masanya nanti," kata Holden Makmur, kepada wartawan di Jakarta, Rabu (3/9).

Untuk membangun check and balance lanjut Holden Makmur, partai anggota KMP jangan sampai terpengaruh dengan segala macam bujuk rayu untuk bergabung dengan kubu Jokowi-JK.

"Sudah bukan rahasia lagi, rayuan terhadap KMP untuk masuk dalam pemerintahan Jokowi-JK masih terjadi untuk menambah kekuatan di parlemen supaya tidak mendapat gangguan dan hambatan," ujarnya.

Anggota KMP lanjutnya, harus tegas menolak segala macam rayuan dari pihak mana pun. Saatnya partai-partai  ini membangun tradisi atau budaya baru dalam pemerintahan kita yaitu sebagai penyeimbang pemerintah. "Jika sebelumnya mereka bagian dari pemerintah, saatnya mengambil posisi di luar pemerintah, posisinya juga terhormat," ujarnya.

Dengan menguasai 353 kursi atau 63 persen di parlemen menurut Holden, peranan dari partai KMP sangat luar biasa menentukan jalannya roda pemerintahan. Peranannya itu sebagai penyeimbang pemerintah, sekaligus mengawasi semua kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

JAKARTA - Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP) diharapkan tetap solid di parlemen supaya mereka bisa berperan aktif sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA