Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berita Duka: H Abdullah Mutholib Meninggal Dunia, Kami Ikut Berbelasungkawa

Senin, 23 Agustus 2021 – 23:02 WIB
Berita Duka: H Abdullah Mutholib Meninggal Dunia, Kami Ikut Berbelasungkawa - JPNN.COM
H Abdullah Mutholib anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Musi Rawas Utara (Muratara) dimakamkan di TPU Muara Kulam. Foto: sumeks.co

jpnn.com, MURATARA - H Abdullah Mutholib anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Musi Rawas Utara (Muratara) dikabarkan meninggal dunia, Minggu (22/8) sekiar pukul 13.00 WIB.

Saksi sekaligus pejuang kemerdekaan ini wafat pada usia 93 tahun. Dia meninggalkan seorang istri Aminah, 9 orang anak, 32 orang cucu dan 15 orang cicit.

Almarhum yang berdomisili di Kelurahan Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Kabupaten Muratara telah dimakamkan di TPU Muara Kulam.

Salah satu putra almarhum, Abdul Hadi, 42, menuturkan bahwa ayahnya ikut berjuang merebut kemerdekan RI sejak 1941, kemudian kembali berjuang mempertahan kemerdekan pada tahun 1947, saat agresi militer pertama.

Kala itu, ayah masih usia 17 tahun, perang pertama beliau di Lubuklinggau, saat itu di Area Subkoss, Lapangan Merdeka Kota Lubuklinggau, kemudian ikut kembali dalam pasukan di Perbatasan Jambi-Sumsel. Saat itu pangkat ayah Kopral,” ujarnya.

Hadi mengungkap bahwa Andullah Mutholib mendapat penghargaan tanda kehormatan sebagai pejuang 1995 dari Dewan Harian Nasional 45. Kala itu dalam rangka memperingati HUT ke-50 RI.

“Itu penghargaan atas peran serta pengabdiannya dalam upaya melestarikan jiwa, semangat, dan nilai-nilai 45,” tambahnya.

Tidak hanya itu, piagam tanda kehormatan juga almarhum terima, pada 2020 lalu, dari Menteri Pertahanan. Itu sebagai tanda kehormatan veteran pejuang kemerdekaan RI, yang sesuai dengan UU no 15 th 2012 tentang Veteran RI.

H Abdullah Mutholib anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Musi Rawas Utara (Muratara) dikabarkan meninggal dunia, Minggu (22/8) sekiar pukul 13.00 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close