Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berkat Civitas Ganjar, Milenial Medan Tergerak Wujudkan Indonesia Ramah Disabilitas

Minggu, 01 Oktober 2023 – 21:45 WIB
Berkat Civitas Ganjar, Milenial Medan Tergerak Wujudkan Indonesia Ramah Disabilitas - JPNN.COM
Civitas Ganjar mengajak para milenial untuk lebih aktif dan mewujudkan Indonesia ramah disabilitas. Dok: Sukarelawan Ganjar.

jpnn.com, MEDAN - Sukarelawan Alumni Muda Universitas Sumatera Utara dan Universitas Riau (USU-Unri) atau Civitas Ganjar sukses membuat milenial di Kota Medan tergerak mewujudkan Indonesia lebih inklusif dan ramah disabilitas.

Hal itu terjadi setelah Civitas Ganjar menggelar sosialisasi budaya tuli dan pengenalan dasar bahasa isyarat Indonesia (BISINDO) kepada kaum milenial di Cradle Event Space, Jalan Iskandar Muda Nomor 127, Kota Medan.

Salah satu milenial yang tergerak adalah Elisa Simanjuntak (24), seorang mahasiswa perguruan tinggi di Kota Medan. Elisa mengaku terinspirasi mendukung penyetaraan teman-teman disabilitas setelah ikut kegiatan Civitas Ganjar.

“Saya senang mengikuti kegiatan Civitas Ganjar ini. Menginspirasi saya jadi ingin membuat Indonesia jadi lebih inklusif dan ramah disabilitas,” kata Elisa dalam siaran persnya, Minggu (1/10).

Bersama Komunitas Hak Tuli Inklusif, dalam kegiatan itu para milenial dikenalkan istilah-istilah budaya tuli, sistem bahasa isyarat di Indonesia, hingga peran penting cahaya dan sentuhan bagi penyandang tuli. Mereka juga belajar dasar-dasar BISINDO secara langsung.

Sebagai milenial, Elisa ingin para penyandang disabilitas, termasuk teman-teman tuli, bisa berkontribusi aktif di kehidupan berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan Indonesia yang lebih maju.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini saya bisa mulai mewujudkan hal itu. Mudah-mudahan teman-teman disibalitas semakin berperan aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia ini,” kata Elisa.

Sementara Koordinator Wilayah Civitas Ganjar Sumut Berry Sitohang menyebut anak-anak muda mesti menjadi generasi terdepan untuk mendukung dan mendorong kesetaraan terhadap penyandang disabilitas di Indonesia dalam berbagai lini kehidupan bangsa.

Sejumlah milenial di Medan tergerak mewujudkan Indonesia yang ramah disabilitas berkat ajakan dari Civitas Ganjar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close