Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berkat Sampah, Govvinda Jadi Jawara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Jumat, 29 Desember 2023 – 11:47 WIB
Berkat Sampah, Govvinda Jadi Jawara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional - JPNN.COM
Govvinda punya visi terbentuknya sebuah komunitas yang secara sadar mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan, baik di sungai maupun lahan kosong lainnya. Foto source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia menobatkan Govvinda Yuli Effendi sebagai pemenang Pemuda Pelopor tingkat nasional. 

Pahlawan lingkungan dari Sumatera Barat itu diberikan penghargaan karena dedikasi penuhnya dalam bidang pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan pariwisata.

'Ini merupakan bentuk pengakuan atas karya dan dedikasi kami selama ini," ucap Govvinda dalam keterangannya, Jumat (29/12).

Apresiasi tersebut memberikan semangat baru bagi Govvinda untuk terus berkarya, karena tantangan menjadi pemuda pelopor ini membutuhkan energi besar, dan dukungan dari lingkungan terkait, tokoh masyarakat, pemerintah setempat hingga pemerintah pusat.

Govvinda merasa hal ini menginspirasi lingkungan sekitarnya, terbukti dari banyaknya yang ingin menjadi pemuda pelopor berikutnya. "Konsistensi adalah kuncinya," ucapnya.

Dia memulai perjalanannya pada 2018. Ketika itu, daerahnya belum mengenal bank sampah, tetapi keberaniannya membawa perubahan.

Dia merintis bank sampah secara mandiri dengan memulai dari edukasi warga dari rumah ke rumah, menyoroti pentingnya bank sampah dan manfaatnya bagi lingkungan.

Namun, perjalanan Govvinda tidak mudah. Minimnya alat operasional, seperti alat pengangkut sampah dan sarana penyimpanan, menjadi tantangan besar.

Berkat sampah, Govvinda Yuli Effendi menjadi jawara Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close