Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bersinergi Mendukung Ekspor Berbagai Daerah, Bea Cukai juga Temui Gibran Rakabuming Raka

Kamis, 11 Februari 2021 – 10:00 WIB
Bersinergi Mendukung Ekspor Berbagai Daerah, Bea Cukai juga Temui Gibran Rakabuming Raka - JPNN.COM
Bea Cukai bersinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong ekspor daerah. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai terus bersinergi dengan instansi dan perusahaan terkait untuk mendorong ekspor dari berbagai daerah yang bertujuan mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN). Terlebih lagi, di tengan pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, sektor perekonomian mengalami dampak cukup signifikan.

Bea Cukai Ambon membentuk Tim Penggalian Potensi dan Dukungan Peningkatan Ekspor, Senin (18/).

Bea Cukai Ambon juga berkoordinasi dengan Otoritas Kompeten Ketahanan Pandan Daerah (OKKPD), untuk membahas mengenai potensi ekspor non-perikanan dari Ambon.

“Kami telah mengunjungi beberapa perusahaan yang bergerak pada sektor pertanian seperti pala, dan mereka antusias untuk melaksanakan ekspor langsung dari Maluku," kata Kepala Seksi Perbendaharaan Bea Cukai Ambon Dwi Yogo Hardiyanto.

Hanya saja, kata Dwi, ada beberapa kendala terkait hal teknis eperti laboratorium. "Oleh karena itu kami perlu dukungan dari dinas terkait untuk masalah ini,” ujar Dwi.

Menindaklanjuti koordinasi dengan OKKPD, Bea Cukai Ambon menginisiasi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselanno, dan Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Ambon Aris Hadiyono untuk mengasistensi CV. Mainusu dalam melaksanakan ekspor pala langsung dari Ambon.

Selain itu, Kepala Kantor Bea Cukai Ambon Saut Mulia juga menghadiri undangan dari Pemerintah Provinsi Maluku untuk berdiskusi tentang kendala ekspor komoditas perikanan secara kontinu dari sana.

Diskusi yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ismail Usemahu dan dihadiri beberapa instansi terkait, Senin (1/2) di PT Maluku Prima Makmur, ini membahas produksi yang masih kurang atau belum mencapai 12 ton untuk bisa secara kontinu di rute ini.

Bea Cukai terus bersinergi dengan instansi dan perusahaan terkait untuk mendorong ekspor dari berbagai daerah yang bertujuan mendorong pemulihan ekonomi nasional (PEN). Salah satunya menemui Wali Kota Surakarta terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close