Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bersumpah di Bawah Alquran, Laksamana Yudo & Marsekal Fadjar Jadi Kepala Staf TNI

Rabu, 20 Mei 2020 – 13:03 WIB
Bersumpah di Bawah Alquran, Laksamana Yudo & Marsekal Fadjar Jadi Kepala Staf TNI - JPNN.COM
Pelantikan Laksamana Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal Fadjar Prasetyo sebagai KSAU di Istana Negara Jakarta, Rabu (20/5).

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua kepala staf TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (20/5). Dalam pelantikan itu, Laksamana Yudo Margono mengucapkan sumpah jabatan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), sedangkan Marsekal Fadjar Prasetyo menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Yudo diangkat menjadi orang nomor 1 di TNI AL berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 32 TNI Tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAL. Adapun Fadjar memimpin TNI AU berdasarkan Keppres Nomor 33 TNI Tahun 2020 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAU.

Kedua perwira TNI itu juga menyandang bintang empat. Presiden Jokowi menerbitkan Keppres Nomor 34 dan 35 TNI Tahun 2020 tentang Kenaikan Pangkat Dalam Golongan Tinggi TNI.

Dalam pelantikan itu Presiden Jokowi memandu Yudo dan Fadjar mengucapkan sumah jabatan. "Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” ucap Yudo dan Fadjar.

Keduanya juga bersumpah dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan dan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab. “Bahwa saya akan menjunjung tinggi Sumpah Prajurit.”

Laksamana Yudo menjadi KSAL menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang segera memasuki masa pensiun. Sebelumnya Yudo yang lulus Akademi TNI Angkatan Laut pada 1988 menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I.

Adapun Marsekal Fadjar Prasetyo menjadi KSAU menggantikan Marsekal Yuyu Sutisna yang akan genap berusia 58 tahun. Sebelum menjadi KSAU, Fadjar yang merupakan alumnus Akademi TNI Angkatan Udara 1988 merupakan Pangkogabwilhan II.

Setelah mengucap sumpah jabatan, Yudo dan Fadjar lantas meneken berkas acara pelantikan. Seluruh prosesi pelantikan KSAL dan KSAU itu berlangsung dengan protokol kesehatan Covid-19.

Presiden Jokowi melantik Laksamana Yudo Margono menjadi KSAL dan Marsekal Fadjar Prasetyo menjadi KSAU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close