Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bertemu Ayah-Ibunya, Ramdan Menangis

Suhu Tubuh Masih Naik-Turun

Kamis, 06 Mei 2010 – 07:17 WIB
Bertemu Ayah-Ibunya, Ramdan Menangis - JPNN.COM
SURABAYA - Pada hari kesebelas pascatransplantasi liver kemarin (5/5), Ramdan Aldil Saputra dipertemukan dengan ayah dan ibunya di ruang ICU transplantasi RSUD dr Soetomo, Surabaya. Pertemuan pertama itu berlangsung kurang lebih 30 menit.

Seperti diketahui, Ramdan kali terakhir bertemu ibunya, Ny Sulistyowati, pada Sabtu pagi (24/4) menjelang operasi transplantasi. Dalam operasi 12 jam 45 menit itu, hati Ramdan yang sudah rusak berat akibat kelainan bawaan atresia bilier (tidak memiliki saluran empedu) dibuang, diganti dengan secuil liver sang ibunda. Operasi pemotongan dan penyambungan liver tersebut dilakukan oleh tim transplantasi liver RSUD dr Soetomo yang didampingi tim andalan dari Oriental Organ Transplant Center (OOTC) Tianjin, Tiongkok.

Setelah operasi, ibu dan anak itu menempati kamar yang berdampingan, tetapi tidak bisa saling berkomunikasi. Bahkan, sampai saat Ny Sulistyowati dipindahkan dari ICU transplantasi ke ruang perawatan Graha Amerta empat hari setelah operasi, ibu dan anak tersebut tidak bisa bertemu. Menjelang dipindah dari ICU, guru SDN 1 Gandusari, Trenggalek, itu hanya bisa menatap putranya lewat kaca. Sebab, sang anak, Ramdan, berada di ruang dengan tingkat sterilitas maksimum.

Setelah itu, meski mulai bisa berjalan lagi, Ny Sulistyowati belum bertemu dengan Ramdan. Sedangkan ayah Ramdan, Bambang Sutondo Winarno, sudah beberapa kali melihat putra bungsunya tersebut. Bambang pun memantau Ramdan dari balik kaca pintu ruang ICU transplantasi. Mengapa" Ketika itu Ramdan memang harus berada dalam ruang yang sangat steril. Selain itu, Bambang memang tidak ingin bertemu langsung dengan Ramdan, anak lelaki satu-satunya pasangan tersebut. "Saya tidak tega melihat anak saya. Selain itu, saya takut dia minta gendong," tuturnya.

SURABAYA - Pada hari kesebelas pascatransplantasi liver kemarin (5/5), Ramdan Aldil Saputra dipertemukan dengan ayah dan ibunya di ruang ICU transplantasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA