Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BI Cabut Izin Usaha Bank IFI

Sabtu, 18 April 2009 – 06:52 WIB
BI Cabut Izin Usaha Bank IFI - JPNN.COM
Foto : M Ali/Jawa Pos
JAKARTA - Lihai mengelola bisnis restoran tak menjamin juga hoki di bisnis perbankan. Itulah nasib yang dialami bos McDonald's Indonesia Bambang Rachmadi yang juga pemilik PT Bank IFI. Jumat (17/4), Bank Indonesia (BI) memutuskan mencabut izin usaha Bank IFI.

Penyebabnya fatal. Bank yang berumur 54 tahun itu tidak mampu menambah jumlah modal. Rasio modal Bank IFI anjlok hingga tidak memenuhi syarat permodalan minimal 8 persen sampai batas waktu 15 April 2009. Kepala Biro Stabilitas Sistem Keuangan BI Wimboh Santoso mengungkapkan, rontoknya bank IFI bukan akibat krisis keuangan dunia. ''Masalahnya sudah lama, sejak 2002. Jadi, ada krisis global atau tidak ada krisis global, ya memang sudah cacat,'' ujarnya.

Bank IFI masuk pengawasan intensif sejak 2002 karena rasio kredit bermasalah (NPL) di atas 5 persen.

Pada 31 Maret 2009, NPL gross Bank IFI sudah menembus 24 persen. BI telah meminta saham pengendali untuk menambah modal serta menjaga likuiditas bank. Namun, bank yang beroperasi di ibu kota itu tidak berhasil menjalankan program yang disyaratkan.

JAKARTA - Lihai mengelola bisnis restoran tak menjamin juga hoki di bisnis perbankan. Itulah nasib yang dialami bos McDonald's Indonesia Bambang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA