Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BI Minta Bank Tahan Suku Bunga

Selasa, 28 Mei 2013 – 04:03 WIB
BI Minta Bank Tahan Suku Bunga - JPNN.COM
JAKARTA - Tingginya inflasi di awal tahun serta ekspektasi inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi, mulai memantik bank untuk menaikkan suku bunga. Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, BI sudah menerima laporan terkait adanya beberapa bank yang sudah menaikkan suku bunga.

Perry mengatakan, perbankan seharusnya tidak perlu mengambil langkah tersebut. "Sebetulnya, ini sesuatu yang tak perlu terjadi," ujarnya Senin (27/5).

Perry mengakui, pelaku perbankan memang berupaya mengantisipasi laju inflasi terkait rencana kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun, dia menyarankan agar mereka tidak tergesa-gesa menaikkan suku bunga. "Sebab, (rencana kenaikan BBM) ini masih didisukusikan di DPR," katanya.

Sebagaimana diketahui, pada Mei ini beberapa bank terlihat sudah mulai menaikkan suku bunga simpanan. Misalnya, Bank Central Asia (BCA) yang sebelumnya mematok suku bunga deposito di kisaran 3,75 - 4,0 persen, kini sudah naik ke kisaran 4,5 - 5,0 persen.

JAKARTA - Tingginya inflasi di awal tahun serta ekspektasi inflasi akibat kenaikan harga BBM bersubsidi, mulai memantik bank untuk menaikkan suku

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA