Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Biang Kerok Perambahan Taman Nasional Tesso Nilo Ditangkap, Lihat Tuh Tampangnya

Rabu, 23 November 2022 – 05:52 WIB
Biang Kerok Perambahan Taman Nasional Tesso Nilo Ditangkap, Lihat Tuh Tampangnya - JPNN.COM
Ekspose penangkapan biang kerok perambahan hutan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo di Kantor Seksi Wilayah II Balai Gakkum LHK Wilayah Sumatera. Foto: Dokumentasi Bayu Saputra kepada JPNN.

jpnn.com, PELALAWAN - Penyidik Balai Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum KLHK) Wilayah Sumatera bersama Korwas PPNS Polda Riau menangkap biang kerok perambahan hutan di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Kepala Balai Gakkum KLHK wilayah Sumatera Subhan mengungkapkan pihaknya telah menangkap satu orang pelaku yang berinisial S (40), pada Senin (14/11) lalu di Pekanbaru.

Pelaku berinisial S itu merupakan buronan Gakkum KLHK Wilayah Sumatera, karena merupakan salah satu pemodal perambah Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.

“Kami telah menetapkan S sebagai tersangka, dan saat ini telah ditahan di Rutan Polda Riau,” kata Subhan, Selasa (22/11).

Subhan menjelaskan penangkapan S berawal dari Operasi Gabungan Pengamanan Hutan Taman Nasional Tesso Nilo yang dilaksanakan oleh Gakkum KLHK, Balai Taman Nasional Tesso Nilo dan Korwas PPNS Polda Riau pada 31 Maret 2022.

Dalam operasi tersebut, tim berhasil menangkap dan mengamankan empat orang yang merupakan perambah dan penebang pohon beserta satu unit alat berat eksavator di dalam kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.

Penyidik Gakkum KLHK selanjutnya melakukan penyidikan terhadap para pelaku dan membawa pelaku ke proses persidangan di Pengadilan Negeri Pelalawan.

“Para pelaku telah mendapat vonis berupa hukuman penjara selama satu tahun enam bulan dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan penjara,” bebernya.

Tim gabungan akhirnya menangkap biang kerok perambahan Taman Nasional Tessa Nilo yang hampir enam bulan menjadi DPO alias buronan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close