Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bicara di MK, Anies Blak-blakan Sebut Pilpres 2024 Tidak Jujur dan Adil

Rabu, 27 Maret 2024 – 11:25 WIB
Bicara di MK, Anies Blak-blakan Sebut Pilpres 2024 Tidak Jujur dan Adil - JPNN.COM
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan saat membacakan pernyataan pada sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (27/3). Foto: dokumentasi Humas AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan blak-blakan mengatakan bahwa pemilihan presiden atau Pilpres 2024 tidak berjalan jujur dan adil.

Hal ini diucapkannya di hadapan hakim Mahkamah Konstitusi (MK) saat membacakan pernyataan pada sidang perdana sengketa hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).

Menurut dia, pemilihan yang dijalankan secara bebas, jujur, dan adil adalah hak dasar setiap warga negara dalam menentukan arah masa depan dan negara.

Hal itu wujud tertinggi dari kedaulatan rakyat di mana setiap suara dapat disampaikan dan dihitung tanpa tekanan tanpa ancaman tanpa iming-iming imbalan.

“Pertanyaannya, apakah Pilpres 2024 kemarin telah dijalankan secara bebas jujur dan adil? Izinkan kami menyampaikan jawabnya, tidak,” ucap Anies.

Anies bilang bahwa yang terjadi justru sebaliknya dan terpampang secara nyata di hadapan masyarakat menyaksikan berbagai hal terjadi dalam pilpres.

“Serangkaian penyimpangan yang telah mencoreng integritas proses demokrasi kita,” kata dia.

Hal itu bermula dari independensi yang tercoreng karena intervensi kekuasaan. Kalimat Anies itu merujuk pada putusan MK yang dipimpin oleh Ketua MK Anwar Usman dan meloloskan Gibran Rakabuming Raka untuk mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden.

Capres Anies Baswedan blak-blakan menyebut pemilihan presiden atau Pilpres 2024 tidak berjalan secara jujur dan adil. Begini kalimatnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close