Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BIN 23 Hari Tes Cepat Massal di Surabaya, Inilah Hasilnya

Minggu, 21 Juni 2020 – 04:23 WIB
BIN 23 Hari Tes Cepat Massal di Surabaya, Inilah Hasilnya - JPNN.COM
Kegiatan rapid test massal BIN di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Dok Humas BIN.

jpnn.com, SURABAYA - Badan Intelijen Negara (BIN) melaksanakan tes cepat massal COVID-19 di Surabaya, Jatim, sejak 29 Mei hingga 20 Juni 2020.

Staf Khusus Kepala BIN Mayjen TNI Dr Suyanto melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu (20/6), menjelaskan, selama 23 hari itu, BIN telah menggelar tes cepat COVID-19 di 23 lokasi di titik zona merah di Surabaya yang merupakan rekomendasi dari Dinas Kesehatan setempat.

Suyanto memaparkan selama pelaksanaan tes cepat massal COVID-19 terhitung sebanyak 34.021 warga Surabaya menjadi peserta rapid test, dan 4.603 orang di antaranya menunjukkan hasil reaktif.

Mereka selanjutnya menjalani tes usap (swab test) untuk memastikan hasilnya, ditambah pasien rujukan dari puskesmas setempat sehingga yang mengikuti "swab test" ada 4.637 orang.

"Yang konfirmasi positif COVID-19 setelah melakukan uji swab dengan mobile PCR BIN yakni 1.702 Orang," kata Suyanto.

Berdasarkan arahan dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan, kata dia, BIN memutuskan untuk mengakhiri rangkaian tes cepat massal COVID-19 di Ibu Kota Jawa Timur.

Sebab, BIN masih akan menggelar tes cepat massal COVID-19 di beberapa daerah lain yang juga turut membutuhkan bantuan percepatan penanganan virus Corona lewat rapid test.

"Kami sudah 23 hari di Surabaya melaksanakan rapid test ini. Hari ini (20 Juni) adalah hari terakhir sebagaimana arahan dari Kepala BIN. Kami masih akan melanjutkan rapid test massal di beberapa daerah lain setelah dari sini, mengingat beberapa daerah lain juga membutuhkan bantuan percepatan penanganan virus Corona dengan rapid test massal ini," katanya.

BIN melaksanakan tes cepat massal COVID-19 di Surabaya, Jatim, selama 23 hari, terakhir 20 Juni 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close