Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BIN Gelar Rapid Test Secara Acak Pakai Helm Canggih Ini

Jumat, 08 Mei 2020 – 13:24 WIB
 BIN Gelar Rapid Test Secara Acak Pakai Helm Canggih Ini - JPNN.COM
Helm Thermal KC Wearable milik BIN yang digunakan untuk mengecek suhu tubuh dari jauh. Foto : Dok Humas BIN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menggunakan alat canggih untuk mendeteksi suhu tubuh secara massal.

Alat itu dinamakan Helm Thermal KC Wearable dan digunakan dalam kegitan rapid test massal yang digelar di sejumlah titik.

Salah satunya digunakan dalam kegiatan rapid test massal di depan Stasiun MRT Blok M, Jakarta Selatan, Jumat (8/4) pagi ini.

Dokter Sri Wulandari selaku Kapoliklinik BIN mengatakan, helm canggih itu sangat memudahkan kerja mereka mengecek suhu tubuh masyarakat yang hadir dalam kegiatan rapid test massal. Pasalnya, petugas tak perlu kontak fisik dengan warga.

“Alat ini bisa mengecek suhu hingga sepuluh meter jaraknya, jadi tidak perlu lagi memakai termometer tembak,” ujar Sri kepada wartawan.

Helm canggih itu tersambung ke monitor yang bisa melihat langsung suhu tubuh. Apabila suhu di atas 36 derajat, maka pada tampilan monitor tubuh orang tersebut akan terlihat sangat merah.

Ketika diketahui suhu tubuh di atas normal, maka orang tersebut bakal menjalani tes dengan metode molekuler atau PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mendeteksi positif atau tidaknya seseorang terhadap Covid-19.

Sri menerangkan, BIN sengaja menggelar rapid test secara acak di kawasan zona merah. Sebelumnya, kegiatan serupa juga digelar di Stasiun Sudirman pada Kamis (7/5) kemarin.

BIN memakai helm canggih yang mendeteksi suhu tubuh secara massal saat rapid test.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close