Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BIN Swab Test 105 Orang Positif Covid-19 di Surabaya

Senin, 15 Juni 2020 – 00:51 WIB
BIN Swab Test 105 Orang Positif Covid-19 di Surabaya - JPNN.COM
Kegiatan swab test massal oleh BIN di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Dokumen Humas BIN for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Badan Intelijen Negara (BIN) terus melaksanakan rapid dan swab test massal di Surabaya, Jawa Timur.

Head of Medical Intelligence Sri Wulandari mengatakan, swab test terhadap pasien positif COVID-19 yang sudah dikarantina selama 14 hari. Kegiatan ini difokuskan untuk mengetahui apakah orang itu benar positif COVID-19 atau tidak.

"Jumlah pendaftar 173 orang, tetapi yang hadir untuk diswab test berjumlah 105 orang. Untuk 68 orang tidak hadir atau tidak mengikuti swab test," kata Wulandari di Surabaya, Minggu (14/6).

Dari ratusan peserta swab test, pasien yang reaktif hasil rapid test di puskesmas juga turut serta. Diharapkan, dengan swab test oleh mobil lab BIN ini dapat memudahkan Pemkot Surabaya untuk melakukan pelacakan lebih cepat agar tidak menularkan ke yang lain.

"Selain itu, kami juga menyelenggarakan rapid test untuk masyarakat umum secara gratis di Jalan Raya Utama Tembok Dukuh. Sebanyak 1.003 warga Surabaya menjadi peserta rapid test, yang 119 orang hasilnya reaktif," katanya.

BIN masih melanjutkan rangkaian rapid test massal secara maraton di Surabaya sampai 15 Juni 2020. Kegiatan ini didukung tenaga medis, analis laboratorium dan tenaga pedukung sebanyak 40 orang dari Jakarta dan dibantu 20 anggota Binda Jatim.

Satgas lawan COVID-19 BIN juga membawa langsung mobil lab COVID-19, ambulans, dan peralatan pendukung lainnya di Surabaya. Mobil lav ini, merupakan satu dari lima mobil lab Biosafety Level 2 (BSL-2) yang bersertifikat internasional pertama di Indonesia.

Dalam rapid test ini, BIN menyiapkan 1.000 - 3.000 alat rapid test beserta dua mobil lab untuk swab test setiap harinya. Swab test ini diperuntukan bagi warga yang reaktif COVID-19. Mobile lab dari BIN ini dapat mengambil 300 sampel per harinya. Adapun hasil swab test bisa diketahui hanya dalam 2,5 jam. (cuy/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Swab test oleh BIN dilakukan terhadap pasien positif Corona (Covid-19) yang sudah dikarantina selama 14 hari.

Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close