Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BIN Umumkan Hasil Tes Cepat di Surabaya, Penting untuk Diketahui

Rabu, 17 Juni 2020 – 22:10 WIB
BIN Umumkan Hasil Tes Cepat di Surabaya, Penting untuk Diketahui - JPNN.COM
Ilustrasi hasil rapid tes COVID-19. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Intelijen Negara (BIN) menemukan lebih dari 1.300 kasus positif COVID-19 selama 19 hari pelaksanaan tes cepat massal di Surabaya, Jawa Timur.

Head of Medical Intelligence, dokter Sri Wulandari, salah satu dokter yang menangani rapid test COVID-19 menyebutkan, sejak 29 Mei hingga 17 Juni 2020 sudah ada 28 ribu warga Surabaya yang mengikuti tes cepat.

"Sampai hari ini sudah hari ke-19. Sekitar 28 ribu rapid test yang sudah kami lakukan di Surabaya," katanya dalam pernyataannya tertulisnya, Rabu (17/6).

Dari 28 ribu orang yang telah menjadi peserta tes cepat, kata dia, sekitar 3.500 di antaranya hasilnya reaktif sehingga mereka langsung ditangani untuk mengikuti "swab test" atau tes PCR (polymerase chain reaction).

"Untuk (hasil) reaktif sekitar 3.500 orang dan dari hasil swab yang positif sekitar 1.300-an orang lebih," ujarnya.

Gelaran tes cepat masal yang diprakarsai BIN tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Baladhika Karya Jatim Sumardi yang menyebut sebagai bentuk kepedulian BIN untuk membantu Ibukota Jawa Timur dalam menekan penyebaran COVID-19.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada BIN yang saat ini telah memberikan kegiatan yang luar biasa, yaitu rapid test massal yang ada di Surabaya. Ini menurut saya sesuatu yang sangat luar biasa dan kita memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BIN," katanya.

Sumardi berharap tes cepat massal itu bisa memberikan penekanan terhadap gerakan melawan COVID-19 yang ada di Surabaya.

BIN menemukan lebih dari 1.300 kasus positif Covid-19 selama 19 hari pelaksanaan tes cepat massal di Surabaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close