Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bina Adwil Kemendagri Dorong Pemda Berinovasi demi Berdayakan Pesisir dan Laut

Kamis, 14 Desember 2023 – 21:40 WIB
Bina Adwil Kemendagri Dorong Pemda Berinovasi demi Berdayakan Pesisir dan Laut - JPNN.COM
Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Adwil Kemendagri) juga mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk serius membenahi dan menggali potensi lautnya. Foto: dok Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Daerah dan kepala perangkat daerah yang telah mendapatkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya diminta terus melanjutkan program dan kerja-kerja nyata dalam memberdayakan ekosistem wilayah laut.

Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Bina Adwil Kemendagri) juga mendorong pemerintah daerah (pemda) lain untuk serius membenahi dan menggali potensi lautnya.

Menteri Perhubungan pada peringatan Hari Nusantara (Harnus) 2023 di Kota Tidore Kepulauan telah menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada tujuh kepala daerah dan satu kepala dinas perikanan yang telah berjasa pada pengelolaan kelautan.

Seharusnya, ada sembilan kepala daerah yang menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya pada Rabu (13/12).

Akan tetapi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Kalimantan Barat periode 2018-2023 Sutarmidji berhalangan hadir dalam prosesi penyematan.

Plh. Dirjen Bina Adwil Kemendagri Amran mengatakan kepala daerah dan jajaran aparatur di daerah tidak boleh berhenti berinovasi dalam pelayanan publik.

Pemda tidak boleh hanya fokus pada masalah administrasi, tetapi juga harus berani melakukan terobosan dalam menjaga, memberdayakan, dan memoles potensi di wilayah pesisir dan laut. Potensi bahari Indonesia sangat besar, mulai dari pariwisata hingga perikanan.

“Wilayah pesisir, laut, dan nelayan ini kerap tak diperhatikan keberadaannya. Padahal, ekosistem laut Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar untuk memberikan penghidupan yang layak bagi masyarakat sekitar. Bahkan, bisa mensejahterakan asalkan kepala daerah dan pejabatnya peduli dengan merancang program yang tepat dan anggaran yang mencukupi. Jangan lupa libatkan masyarakat sekitar. Jika tidak, mereka hanya akan menjadi penonton,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (14/12).

Ditjen Bina Adwil Kemendagri juga mendorong pemerintah daerah (pemda) lain untuk serius membenahi dan menggali potensi lautnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close