Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BKN Baru Terima 770 Ribu Usulan Formasi CPNS dan PPPK

Kamis, 27 Mei 2021 – 15:15 WIB
BKN Baru Terima 770 Ribu Usulan Formasi CPNS dan PPPK - JPNN.COM
Kepala BKN Bima Haria Wibisana. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MAKASSAR - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa usulan formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang masuk belum mencapai target dari 1,3 juta yang ditetapkan.

Menurut Bima, saat ini pihaknya baru menerima 770 ribu usulan formasi CPNS dan PPPK.

Dia menjelaskan belum tercapainya usulan kuota formasi yang disiapkan pemerintah pusat itu diakibatkan daerah masih melihat kemampuan keuangan masing-masing.

Selain itu, kata Bima, masih banyak instansi yang merelokasikan anggarannya untuk penanganan Covid-19.

"Jadi, usulan yang masuk belum mencapai 1 juta, baru hampir 800 ribu. Jadi, instansi banyak yang merelokasikan anggarannya ke masalah Covid-19," ujarnya pada Rapat Koordinasi Kepegawaian "Persiapan Seleksi CPNS dan PPPK" di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (27/5).

Bima mencontohkan Pemprov DKI Jakarta yang memiliki APBD Rp 77 triliun dan sebagiannya untuk bayar pegawai, namun karena datangnya pandemi Covid-19 maka hanya menyisakan hingga Rp37 triliun. Adapun sebagiannya digunakan untuk penanganan Covid-19.

Oleh karena itu, meskipun pemerintah sudah membuka formasi hingga 1,3 juta atau tepatnya 1,275 ribu, namun usulan pemerintah daerah sampai saat ini belum memenuhi kuota yang tersedia.

Pembukaan formasi yang begitu besar oleh KemenPAN-RB, tentunya menjadi sejarah tersendiri di Indonesia.

Kepala BKN Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa usulan formasi CPNS dan PPPK yang masuk belum mencapai target dari 1,3 juta yang ditetapkan. Sejauh ini, jumlah yang masuk baru hampir 800 ribu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close