Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BKN Luncurkan CAT

Sistem Komputerisasi Rekrutmen PNS

Sabtu, 28 Maret 2009 – 14:03 WIB
BKN Luncurkan CAT - JPNN.COM
JAKARTA – Menjawab tantangan sekaligus tuntutan masyarakat yang menginginkan proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang cepat, transparan dan obyektif, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) akhirnya meluncurkan Computer Assisted Test (CAT).CAT ini merupakan salah satu metode ujian dengan menggunakan aplikasi komputer. Dimana, penggunaanya nanti akan sangat efisien dan pleksibel. Selain bisa digunakan sebagai alat untuk melakukan perekrutan dan seleksi CPNS, juga bisa digunakan untuk kepentingan rekrutmen dan seleksi di bidang kepegawaian lainnya.

Direktur Rekinpeg BKN, Drs. Purwanto, MM menjelaskan, bahwa CAT ini merupakan hasil bench mark atau studi banding dari Negara-negara yang telah menggunakan CAT. Misalnya, Civil Service Commission di Philipina, mereka menggunakannya untuk merekrut PNS.

Pada penerapannya di Indonesia, kata Purwanto, CAT dikembangkan dengan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan norma, situasi dan kondisi sistem kepegawaian yang ada.''Tujuan rekrutmen dan seleksi dengan CAT adalah untuk mempercepat proses pelaksanaan ujian dari pemeriksaan hasil ujian, menciptakan standardisasi hasil ujian secara nasional dan menetapkan standar nilai,'' kata Purwanto di Jakarta, Sabtu (28/3).

Dijelaskan Purwanto, seleksi CPNS secara computerize semata-mata bertujuan untuk menghindari kemungkinan adanya Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN) dalam proses rekrutmen CPNS. Sehingga, dalam aplikasinya, peserta tes dapat langsung mengetahui hasil atau nilai setelah tes usai. Karena, kelulusan ditentukan dengan scoring.

JAKARTA – Menjawab tantangan sekaligus tuntutan masyarakat yang menginginkan proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang cepat,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA