Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Beberkan Dua Penyebab Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Masyarakat Diminta Waspada

Sabtu, 03 April 2021 – 18:57 WIB
BMKG Beberkan Dua Penyebab Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Masyarakat Diminta Waspada - JPNN.COM
BMKG meminta masyarakat mewaspadai peringatan tentang adanya potensi cuaca ekstrem di Indonesia selama sepekan mulai 3-9 April 2021. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto meminta masyarakat mewaspadai peringatan tentang adanya potensi cuaca ekstrem di Indonesia selama sepekan mulai 3-9 April 2021.

"BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia," ujar Guswanto di Jakarta, Sabtu (3/4).

Dia menuturkan, BMKG sebagai Tropical Cyclone Warning Center (TCWC) Jakarta mendeteksi adanya adanya dua bibit siklon tropis, yaitu bibit siklon tropis 90S di Samudra Hindia barat daya Sumatera dan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Intensitas kedua Bibit Siklon Tropis tersebut cenderung menguat dalam 24 jam ke depan dengan pergerakan menjauhi wilayah Indonesia," jelas dia.

Menurut dia, secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi signifikan pada peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia.

"Selain itu dapat mendorong peningkatan kecepatan angin yang berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang di sebagian wilayah perairan Indonesia," beber Guswanto.

Dia memperingatkan, dalam sepekan potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

"Kemudian potensi hujan sangat lebat diprediksi di Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur," kata dia memerinci.

Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Guswanto meminta masyarakat mewaspadai peringatan tentang adanya potensi cuaca ekstrem di Indonesia selama sepekan mulai 3-9 April 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close