Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG dan Esri Indonesia Kolaborasi demi Asian Games 2018

Sabtu, 18 Agustus 2018 – 02:49 WIB
BMKG dan Esri Indonesia Kolaborasi demi Asian Games 2018 - JPNN.COM
Venue di Jakabaring Sport City Palembang untuk Asian Games 2018. Foto: Natalia Fatimah Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bersama Esri Indonesia mengembangkan aplikasi cerdas berdasarkan teknologi terkini yang mampu menampilkan kegiatan Asian Games 2018 dan informasi hasil observasi saat ini.

Pusat Data BMKG telah dilengkapi dengan data satelit, stasiun cuaca, dan sensor yang terus mengumpulkan dan memproses data.

Semua informasi diintegrasikan dengan teknologi big data dan cloud dari ArcGIS Online milik Esri.

Data ini diproses menjadi real-time web service untuk tiap lokasi pertandingan secara spasial.

Dari penerapan teknologi ini dapat dihasilkan aplikasi cerdas yang menampilkan kondisi cuaca saat ini, prediksi cuaca, suhu, kelembapan, kecepatan dan arah angin di tiap titik lokasi pertandingan dalam format yang mudah dipahami.

Penerapan kemampuan teknologi cloud berbasis spasial ini juga memungkinkan data BMKG terkait informasi fenomena gempa bumi dan pergerakan asap diinformasikan kepada publik secara spasial.

“Dengan kemampuan ini, maka bagi peserta kegiatan dapat memiliki informasi yang khusus untuk lokasi kegiatannya secara mudah dan cepat,” kata CEO Esri Indonesia Achmad Istamar, Jumat (17/8).

Dia menambahkan, bagi para kontingen dari 45 negara peserta Asian Games 2018, informasi cuaca saat ini dan prediksi bisa digunakan menentukan strategi untuk mengoptimalkan hasil lomba atau pertandingan.

BMKG bersama Esri Indonesia mengembangkan aplikasi cerdas berdasarkan teknologi terkini yang mampu menampilkan kegiatan Asian Games 2018

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close