Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Sejumlah Wilayah di Indonesia, Berikut Daftarnya...

Minggu, 02 Mei 2021 – 05:18 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Dini untuk Sejumlah Wilayah di Indonesia, Berikut Daftarnya... - JPNN.COM
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu (2/5). Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu (2/5).

Melansir laman resmi BMKG.go.id Sirkulasi Siklonik terpantau di Aceh bag utara dan perairan Utara Papua Barat sampai Papua yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Pesisir Barat.

Kemudian, Sumatera Utara sampai Aceh, dari Bengkulu sampai Sumatera Barat dan di Papua Barat. Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Sumatera Utara sampai Pesisir Barat Aceh, di Selat Malaka bag Utara, di Bengkulu, di Pesisir Selatan Jawa Tengah sampai Jawa Barat, dari Kalimantan utara sampai Selat Karimata.

Lalu di Kalimantan Selatan, dari Sulawesi Tenggara, Selat Makassar bagian Tengah sampai Kalimantan Tengah bagian Selatan dan di Maluku. Daerah pertemuan angin (konfluensi) juga terpantau di Laut Sulawesi dan di perairan Utara Papua Barat.

"Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut," tulis BMKG.

Beberapa wilayah berpotensi dilanda hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan.

"Kemudian Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," tulisnya.

Wilayah lain berpotensi dilanda hujan yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia pada Minggu (2/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close