Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Gempa 8,9 M dan Tsunami, Siapkan Mitigasi!

Jumat, 26 Agustus 2022 – 13:46 WIB
BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Gempa 8,9 M dan Tsunami, Siapkan Mitigasi! - JPNN.COM
BMKG memperingatkan masyarakat untuk waspada soal potensi gempa besar dan tsunami. Ilustrasi - Gelombang tsunami: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com, BENGKULU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Pulau Baai, Kota Bengkulu mengeluarkan peringatan dini potensi gempa besar berkekuatan 8,9 magnitudo.

Gempa besar itu diprediksi berpusat di wilayah Kabupaten Mukomuko.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar mengatakan gempa tersebut juga berpotensi terjadinya tsunami dengan ketinggian ombak mencapai 15 meter.

"Bengkulu berpotensi terjadi gempa bumi mencapai 8,9 magnitudo yang menimbulkan adanya gelombang tsunami mencapai 15 meter," ucap Anang di Bengkulu, Kamis.

Oleh karena itu, BMKG mengimbau masyarakat mulai mempersiapkan usaha mitigasi.

Baik mitigasi struktur maupun non-struktur yang harus diperkuat di sepanjang kawasan terdampak tsunami.

Dia menjelaskan potensi gempa bumi tersebut akan terjadi ketika lempeng bumi yang berada di wilayah perairan Kabupaten Mukomuko dekat dengan wilayah perairan Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pecah.

Namun, hingga saat ini kondisi lempeng bumi tersebut belum pecah dan masyarakat diminta untuk tetap waspada dan tidak panik.

BMKG Kota Bengkulu mengeluarkan peringatan dini potensi gempa besar berkekuatan 8,9 magnitudo dan tsunami dengan ombak 15 meter.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close