Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Peringatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan di Aceh

Senin, 27 Januari 2020 – 22:41 WIB
BMKG Peringatkan Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan di Aceh - JPNN.COM
Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api di satu hotel dan restoran siap saji di kawasan Jalan Teuku Panglima Polem, Banda Aceh, Senin (27/1). Foto: ANTARA/ Ampelsa

jpnn.com, ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I di Aceh Besar mengimbau supaya masyarakat setempat mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di provinsi paling Barat Indonesia tersebut.

“Kami imbau warga di Aceh jangan membakar hutan dan lahan, karena berpotensi api cepat membesar," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Stasiun Meteorologi, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Senin (27/1).

Dia menjelaskan kebakaran berpotensi cepat membesar akibat hembusan angin pekan ini diperkirakancsekitar lima hingga 35 knot atau sembilan kilometer lebih sampai mencapai 65 kilometer per jam.

Belum lagi, lanjutnya akibat rumput ilalang atau hutan dan lahan gambut dalam kondisi kering di satu kawasan akibat memasuki musim peralihan cuaca dari hujan menuju kemarau dengan puncaknya terjadi di bulan Maret 2020.

Ia mengatakan dengan suhu udara terpanas diperkirakan sekitar 30 hingga 32 derajat celsius berlangsung berlangsung siang hari, dan 22 hingga 23 derajat celsius di malam hari, maka potensi kebakaran semakin besar.

"Kami melihat kondisi cuaca saat ini, maka potensi kebakaran itu tinggi. Terutama di wilayah pesisir Timur Aceh, dan wilayah Tengah Aceh," katanya.

Ia melanjutkan, sedangkan sejumlah daerah di provinsi paling Utara Sumatera terutama wilayah Barat-Selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia merupakan wilayah non-zoom atau tidak mengenal musim.

"Kalau Barat-Selatan di Aceh umum dilanda cuaca panas, sehingga potensi kebakaran hutan dan lahan tetap sama, seperti kedua wilayah di Aceh," tambah Zakaria.

BMKG Kelas I di Aceh Besar mengimbau supaya masyarakat setempat mewaspadai kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di provinsi paling Barat Indonesia tersebut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close