Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BMKG Perkirakan Kalteng Berpotensi Hujan Sepekan, Bisa Usir Asap Karhutla

Kamis, 19 September 2019 – 17:22 WIB
BMKG Perkirakan Kalteng Berpotensi Hujan Sepekan, Bisa Usir Asap Karhutla - JPNN.COM
Foto udara Sungai Kahayan yang diselimuti kabut asap di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Foto: ANTARA /Hafidz Mubarak A/nz

jpnn.com, PALANGKARAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya memprediksi sejumlah wilayah di Kalimantan Tengah berpotensi hujan selama sepekan ini.

Berdasarkan data yang diperoleh, potensi hujan di wilayah Kalimantan Tengah secara umum diprediksi terjadi pada 20-27 September 2019.

"Pada Jumat 20 September hujan lokal berpotensi terjadi di wilayah Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kapuas," kata Prakirawan BMKG Tjilik Riwut Palangka Raya, Cindi Arnelta di Palangka Raya, Kamis.

Kemudian pada Sabtu 21 September hujan lokal juga akan terjadi di wilayah Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Gunung Mas, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Kapuas.

Hujan tersebut diperkirakan terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang, sementara wilayah yang lainnya diperkirakan juga berpotensi berawan dan juga berasap.

Potensi hujan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah itu dinantikan oleh warga di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" itu.

Dengan datangnya hujan itu, diharapkan kabut asap pekat yang menyelimuti provinsi setempat segera menghilang.

Selama lebih dari sebulan wilayah Kalimantan Tengah tak diguyur hujan. Akibatnya, banyak lahan dan hutan di provinsi tersebut terbakar.

BMKG memprediksikan hujan tersebut terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang di Kalteng.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close