Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BNPT: Indonesia dalam GTI Masuk Kategori Negara Low Impacted by Terrorism

Sabtu, 02 Maret 2024 – 18:51 WIB
BNPT: Indonesia dalam GTI Masuk Kategori Negara Low Impacted by Terrorism - JPNN.COM
Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Andhika Chrisnayudhanto. Foto: dok BNPT

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Kerja Sama Internasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Andhika Chrisnayudhanto menjelaskan Indonesia baru-baru ini mencapai salah satu capaian besar  dalam hal penanggulangan terorisme.

Pencapaian itu berupa posisi Indonesia dalam Global Terrorism Index 2024 yang berada pada kategori low impacted setelah sebelumnya masih dalam posisi medium impacted

"Tahun 2024 Indonesia masuk pada peringkat 31 jadi naik 7 peringkat dari urutan 24. Di mana, sekarang Indonesia dilihat sebagai negara low impacted by terrorism_ sementara kalau kita lihat tahun 2023 Indonesia tercatat sebagai medium impacted, ini capaian besar," jelasnya usai ditemui dalam rapat bilateral dengan tim monitoring PBB di Bali, pada Jumat (1/3).

Penurunan angka GTI juga diikuti dengan berkurangnya angka kematian akibat terorisme di Indonesia.

"Satu yang menjadi catatan khusus bagi Indonesia adalah berkurangnya angka kematian akibat terorisme di angka -22% berarti tidak ada angka kematian akibat terorisme di Indonesia pada tahun 2023," tambahnya.

Dirinya turut menjelaskan prestasi ini dapat diraih dengan sinergi efektif antara BNPT, Kementerian / Lembaga terkait dan aparat penegak hukum.

"Tentunya ini dapat diraih karena _performance_ kolaborasi BNPT , K/L dan penegak hukum di Indonesia yang berhasil mencanangkan zero attack di tahun 2023," tutupnya.

Belum lama ini, Kepala BNPT, Komjen. Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel menyampaikan pada tahun 2023 tidak terdapat serangan terorisme yang dilakukan secara terbuka di Indonesia.

Penurunan angka GTI juga diikuti dengan berkurangnya angka kematian akibat terorisme di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close